Pelabuhan Depapre yang dirubah nama menjasi menjadi Pelabuhan Habel Melkias Suwae

TEROPONGNEWS.COM,SENTANI– Untuk mengenang jasa sosok Bupati pertama Kabupaten Jayapura maka ratusan masyarakat adat dari pesisir Tanah Merah mengusulkan agar nama Habel Melkias Suwae diabadikan sebagi nama Pelabuhan Petikemas Depapre.

Dengam begitu diharapkan nama bapak pembangunan Bumi Khenambay Umbay itu bisa terus dikenang oleh masyarakat termasuk generasi penerus bangsa yang akan datang.

Pengusulan tersebut langsung disampaikan masyarakat adat Tanah Merah dihadapan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si disela-sela pelayanan sandar dan bongkar muat perdana KM. Logistik Nusantara 2 di Pelabuhan Petikemas Depapre, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Rabu (27/1/2021) siang.

Salah satu perwakilan masyarakat adat yang juga sebagai tokoh pemuda wilayah pesisir Tanah Merah Ortis Suwae mengatakan, usulan pemberian nama mendiang Habel Melkias Suwae atau HMS itu sebagai bentuk penghormatan masyarakat terhadap kiprahnya dalam bidang pembangunan di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura, termasuk keterlibatannya dalam merintis pembangunan pelabuhan Tol Laut tersebut.

“Bapa HMS merupakan salah satu tokoh yang banyak meletakan dasar pembangunan di Kabupaten Jayapura. Kami pikir pelabuhan petikemas hari ini bisa ada, karena beliau punya pemikiran dan jasa besar,” kata Ortis Suwae kepada wartawan di Pelabuhan Depapre.

Menurutnya, pemilihan nama (Alm) Habel Melkias Suwae untuk diabadikan pada Pelabuhan Petikemas Depapre itu sudah berdasarkan kesepakatan dari tokoh masyarakat dan juga tokoh adat di 31 kampung yang ada di dataran Tanah Meerah atau tepatnya di daerah pesisir Kabupaten Jayapura.

“Kami bersepakat dari 31 kampung yang ada di Tanah Merah Moi merekomendasikan nama pelabuhan Depapre atas nama Pelabuhan Habel Melkias Suwae,” ujarnya.

Usai menerima usulan tersebut, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, langsung menanggapi dan dihadapan masyarakat adat Tanah Merah menyampaikan, bahwa dirinya sangat mendukung permintaan masyarakat adat Tanah Merah itu terkait pemberian nama pelabuhan petikemas menjadi Pelabuhan Habel Melkias Suwae.

“Bukan pelabuhan saja, tetapi dia sangat berjasa untuk Kabupaten Jayapura. Sejak beliau menjadi anggota DPRD, ketua DPRD sampai menjadi Bupati Jayapura. Karya-karya beliau sangat luar biasa,” ungkap Mathius Awoitauw.

Berita lain untuk anda