Peserta pelatihan diajarkan cara menyiapkan bahan pembuatan minyak kelapa murni. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji bersama anggotanya kembali menggiatkan Pelatihan Ketrampilan Home Industri bagi Tim Suku Asmat di Tenda Pelatihan Polres Merauke.

Sebelumnya sempat terhenti karena fokus dalam pengamanan Pilkada, Natal dan tahun baru. Pihaknya tinggal menunggu penetapan Bupati dan Wakil Bupati Merauke terpilih yang belum diketahui jadwalnya.

“Sambil menunggu, kita jalankan home industri bersama Tim Suku Asmat. Kita siapkan semua bahan, peralatan maupun kelangkapannya dan mengajarkan cara pembuatan minyak kelapa murni,” terang Untung Sangaji, Rabu (06/01/2021).

Lanjut katanya, ketika peserta pelatihan sudah mampu dan mandiri dalam mengolahnya, Kapolres akan memberikan bantuan mesin maupun kelengkapan lain untuk para peserta mengolah sendiri.

“Kita tetap akan pantau dan akan membeli hasil produksi mereka nanti,” tutur AKBP Untung.

Bahkan isteri Kapolres Merauke selaku Ketua Cabang Bhayangkari Ny. Ndari Untung Sangaji mengusulkan agar produksi yang dihasilkan akan dibeli oleh Koperasi Polres Merauke.

“Semoga berjalan lancar dan esok hari ketika saudara-saudara kita ini sudah mahir, maka alat-alat mesin produksi itu kita berikan kepada mereka untuk mereka lakukan sendiri di rumah. I Love You Indonesiaku,” pungkasnya.

Peserta pelatihan begitu antusias dan semangat dengan harapan nantinya akan mampu dan mandiri dalam menghasilkan produk minyak kelapa murni hasil olahannya.

Diakui Kapolres bahwa butuh waktu, kesabaran dan keseriusan untuk bisa mencapai apa yang diinginkan. Dengan kesabaran yang ia tanamkan, menumbuhkan semangat peserta untuk tidak sia-siakan kesempatan.

Berita lain untuk anda