Berita

Gempabumi Magnitudo 4,1 Terasa di Manokwari Papua Barat

×

Gempabumi Magnitudo 4,1 Terasa di Manokwari Papua Barat

Sebarkan artikel ini
Peta lokasi gempabumi di wilayah Manokwari. Foto BMKG.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Gempabumi tektonik Magnitudo 4,1 mengguncang wilayah Manokwari Papua Barat, Jumat (22/1/2021) pukul 13:13:00 WIT. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,64 LS dan 131,98 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 30 km arah Barat Laut Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat pada kedalaman 10 km.

1490
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Berdasarkan analisis BMKG, jenis dan mekanisme gempabumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi berkedalaman dangkal diakibatkan oleh aktivitas Sesar Sorong.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Manokwari III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 13:31 WIT. Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Menurut BMKG, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi BMKG