Ketua Perindo Kab. Jayapura, Billy Suwae ( batik) di kantor Sekretariat DPD Perindo kabupaten Jayapura. Sabtu (30/1/2021)

TEROPONGNEWS.COM, SENTANI – Politisi partai Perindo, Billy Suwae menyatakan sikap siap maju sebagai bakal calon ( Balon) bupati Jayapura. Alasanya, semakin banyak dan derasnya arus dukungan dari masyarakat Adat kabupaten abupaten Jayapura , untuk melanjutkan jejak ayahnya, almarhum Habesl Melkias Suwae sebagai Tokoh Pemberdayaan Kampung.

Putra Mendiang mantan bupati Jayapura dua Periode Habel Mekias Suwae (HMS), Billy Suwae sudah menentukan sikap akan maju atau tidak sebagai bakal calon Bupati Jayapura periode 2022-2027 mendatang, hal itu karena derasnya dukungan dan kerinduan dari masyarakat akan sosok Alm Ayahanya Habel Melkias Suwae yang pernah memimpin negeri khena mbai umbai dua periode.

“ Saya mendapatkan dukungan dari tokoh-tokoh adat di Kabupaten Jayapura, sebagian dari pesisir, sebagaian lagi dari wilayah atas Yapsi, Kaureh, Airu Unurumguay. Rencana maju saya masih menunggu revisi UU pilkada, saya belum mengambil keputusan tapi langkah-langkah kosolidasi kita bangun karena tujuan kita kedepan membesarkan partai Perindo Kabupaten Jayapura,“ Ungkapnya di Sekreatriat DPD Perindo kabupaten Jayapura, Sabtu ( 30/01/2021).


Menurut Billy, ada pesan penting yang diamanatkan dari para tokoh-tokoh adat di kabupate Jayapura sehingga dirinya siap untuk maju sebagai bakal calon bupati Jayapura kedepan nantinya .


Meski Partai yang dipimpinya ini hanya memiliki satu kursi di DPRD kabupaten Jayapura , namun Billy Suwae belum menentukan siakp politik untuk rencana koalisi dengan partai-partai pendukung lainya.

“ Terkait dengan siap atau tidak siap, kita juga bergerak untuk diskusi politik dengan teman-teman ketua partai yang lain untuk bagaimana bisa mendapatkan perahu “ Katanya.

Tokoh muda alsi Kampung Tablanusu Distrik Depapre Kabupaten Jayapura Ini mengakui bahwa dirinya selalu berkonsultasi dengan Adat, karena menurutnya adat adalah bagian elemen paling penting untuk berhadapan dalam sebuah proses keberhasilan sebuah pembangunan di sebuah daerah.

Berita lain untuk anda