Berita

2021, Pempus Tak Lagi Beri Santunan Bagi Korban MD Akibat Covid-19

×

2021, Pempus Tak Lagi Beri Santunan Bagi Korban MD Akibat Covid-19

Sebarkan artikel ini
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kalimantan Timur (Kaltim), Dr HM Jauhar Efendi. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Tahun 2021 Pemerintah Pusat (Pempus) tidak lagi menyediakan santunan sebesar Rp 15 juta, kepada ahli waris korban meninggal dunia akibat Covid-19.

1499
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Surat Edaran Plt Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, tanggal 18 Juni 2020 tentang Penanganan Perlindungan Sosial Bagi Korban Meninggal Dunia Akibat Virus Corona (Covid-19) adalah benar, bukan hoaks.

“Tahun ini, Pempus tidak bisa berikan santunan tersebut,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kalimantan Timur (Kaltim), Dr HM Jauhar Efendi, lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, Sabtu (6/3/2021).

Jauhar menyebutkan, Kementerian Sosial, melalui Direktur Perlindungan Sosial Bencana Sosial, telah bersurat kepada seluruh Kepala Dinas Sosial Provinsi, bahwa pada tahun 2021 tidak tersedia anggaran untuk memberikan santunan kepada korban meninggal dunia, akibat pandemi Covid-19.

Adapun usulan yang sudah diajukan oleh ahli waris dan telah direkomendasikan oleh Dinas Sosial Kabupaten/Kota dan telah masuk ke Dinas Sosial Provinsi, serta telah diteruskan dan diterima oleh Kementerian Sosial tidak akan dipenuhi.

“Karena itu, kami Pemprov Kaltim melalui Kepala Dinas Sosial Provinsi, diminta untuk segera menyampaikan kebijakan tersebut kepada Pemerintah Kabupatan/Kota melalui Dinas Sosial masing-masing,” jelasnya.

Menurut Jauhar, pesan Kementerian Sosial tersebut tentu menjadi kabar yang tidak mengenakkan, tetapi harus segera disampaikan, agar masyarakat tidak berharap lagi.