Terima Penghargaan Green Leadership, Wali Kota: Ini Jarang Terjadi

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menerima apresiasi Green Leadership atau Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di halaman belakang Balaikota Ambon, Rabu (23/12/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota Ambon (Pemkot) dan DPRD Kota Ambon secara bersamaan, menerima apresiasi Green Leadership atau Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas komitmen Kepala Daerah dan DPRD dalam menjaga kualitas lingkungan di daerah.

Penghargaan tersebut diterima Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy dan Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, di halaman belakang Balaikota Ambon, Rabu (23/12/2020).

“Ini sesuatu yang jarang terjadi dan luar biasa, karena secara bersamaan Pemerintah Kota dan DPRD menerima apresiasi dari Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan hidup. ini merupakan bukti komitmen Pemkot dan DPRD dalam melihat masalah-masalah lingkungan di kota ini,” kata Wali Kota saat memberikan sambutan.

Wali Kota juga menegaskan, Apresiasi Green Leadership atau Nirwasita Tantra kiranya bukan menjadi titik kepuasan Pemerintah Kota Ambon khususnya Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan, dalam mengelola dan mengurusi masalah lingkungan di Kota Ambon.

“Ada beberapa aspek yang menjadi perhatian khusus kami dalam pengelolaan lingkungan di Ambon, hal itu antara lain, pengelolaan daerah resapan air, daerah aliran sungai sampai daerah rawan bencana ketika terjadi hujan,” tambah Wali Kota.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta dalam kesempatan yang sama juga mengatakan, kerjasama Pemkot dan DPRD Kota Ambon harus lebih ditingkatkan kedepan, dan jangan jadikan ini sebagai titik akhir dalam bekerja.

“Jangan sampai disini kerjasama yang baik ini. Jadikan ini sebagai awal yang lebih baik lagi, DPRD harus terus mengawasi Pemkot dalam bekerja. Ini adalah salah satu bukti nyata pengawasan itu, semua apresiasi ini untuk rakyat Kota Ambon,” papar dia.

Sementara itu Kasubdit Basis Data Direktoral Data Kementerian Lingkungan Hidup, Susi Oktalina menyampaikan apresiasinya terhadap pencapaian ini. Menurutnya kerja keras Pemkot dan DPRD dalam perhatian terhadap lingkungan diharapkan tidak terhenti setelah ini.

“Bukti Wali Kota dan DPRD yang peduli terhadap lingkungan nampak pada penghargaan ini, saya dan Kementerian Lingkungan Hidup berharap ini adalah langkah awal kepedulian pemerintah daerah terhadap lingkungan, saya berharap tahun-tahun kedepan Kota Ambon kembali meraih ini dan bahkan lebih dari ini, sebagai bukti nyata komitmen Pemkot,” jelas Susi Oktalina.