Rudy: Truk Sampah Akan Lebih Berguna Jika Dijadikan Bus Wisata

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah melaunching secara resmi Bus Wisata Metro Kota Makassar, di Anjungan Pantai Losari, Kamis (4/12/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pjs Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan, kehadiran bus wisata Metro Makassar, menjadi salah satu cara untuk menggunakan truk sampah Tangkasi menjadi lebih berguna.

“Tidak mungkin dibiarkan saja begitu, ada sekitar 400an mobil sampah, 120 unit itu mobil Tangkasaki sisanya mobil tongkang. Nah, transportasi kota kita yang gratis itu tidak ada, makanya kita buat bus hasil recycle mobil tangkasasi. Kita kan sudah hadirkan juga mobil sampah konfaktor yang perbandingan kerjanya itu 1:3, dibandingkan mobil Tangkasaki,” ungkap Rudy kepada wartawan, di Makassar, Minggu (6/12/2020).

Ia menjelaskan, sebagai langkah awal, Bus Wisata Metro Kota Makassar ini hanya dihadirkan 3 unit. “Ini baru 3 unit, namun kita tengah mengusulkan tambahan 10 unit secepatnya.” jelasnya

Pj Walikota Makassar menambahkan, penyediaan mobil wisata ini dalam rangka mendorong Makassar menjadi kota tujuan wisata.

“Jadi, pengadaan ini wujud reinkarnasi dari mobil sampah Tangkasaki. Dimana, berangkat dari keinginan kami untuk mendorong Makassar menjadi kota tujuan wisata, dan kota ramah investasi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, rute bus ini akan melayani 3 koridor yaitu, Koridor 1 (Datu Museng-Sultan Hasanuddin-Slamet Riyadi-Riburane-Ujung Pandang-Pattimura-Sombaopu-Datumuseng).

Koridor 2, (Penghibur-Pasar Ikan-Ujung Pandang-Nusantara-Riburane-Ahmad Yani-Sudirman-Kartini-Botolempangan-Amanagappa-Sudirman-Hajibau-Penghibur).

Koridor 3, (Penghibur-Pasar Ikan-jung Pandang-Riburane-Ahmad Yani- Balaikota-Thamrin-Botolempangan-Arief Rate-Sultan Hasanuddin-Lamadukelleng-Haji Bau-Metro Tanjung Bunga-Zona Lego- lego-Penghibur).