Pilkada Manokwari, Rekap Sementara Paslon HEBO Unggul

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI– Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Manokwari, Rabu (9/12/2020) yang sudah berlangsung dan dalam proses rekapitulasi perolehan suara sementara, pasangan Hermus Indou – Edi Budoyo (HEBO) unggul dari rivalnya Sius Dowansiba – Mozes Rudi F Timisela (SMART).

Hasil ini sejalan dengan tabulasi tim HEBO, pasangan Hermus – Edi telah mencapai 52.621 (38,6%) perolehan Suara dari total DPT Kabupaten Manokwari 136.394. Selain itu juga diperkuat dengan hasil Perhitungan suara yang dilaporkan saksi TPS.

Hanya memang menurut calon bupati Manokwari nomor urut 2 Hermus Indou partisipasi masyarakat menurun karena tingkat partisipasi pemilih yang kurang akibat situasi pandemi Covid-19.

“Ini salah satu hal yang tidak bisa dipungkiri, animo masyarakat menurun dan kehadiran mereka di TPS untuk menenntukan hak pilih mereka secara konstitusional dihalangi oleh pandemic covid-19. Tetapi secara keseluruhan pelaksanan Pilkada Mnaokwari cukup sukses,”kata Hermus kepada awak media di Manokwari, Rabu (9/12/2020) malam.

Hasil perolehan suara sementara yang diraih Pasangan Hermus-Budoyo tersebut realistis, bukan karena dilakukannya kecurangan tetapi murni dari hati sebagian besar warga masyarakat Manokwari yang memang merindukan adanya perubahan di kabupaten Manokwari, baik secara fisik maupun mental.

Untuk itu, Hermus berharap, hasil sementara yang telah diperoleh tersebut dapat dijaga oleh Tim pemenangan HEBO juga masyarakat pendukung, terutama pihak penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu, sehingga tidak adanya kecurangan.

“Misalnya perolehan suara di TPS hasilnya lain, dan dalam perjalanan rekap dari tingkat TPS ke PPD kemudian ke KPU hasilnya berubah. Ini yang perlu diantisipasi oleh tim dan relawan serta saksi TPS HEBO,”Ujarnya.

“Kebenaran harus ditegakan, siapa yang menang hari ini harus jujur diakui bahwa calon tersebutlah yang menang, jangan kemenangan ini seolah-olah nanti tidak diakui,”Tandas Hermus

Menurut mantan Karo Bina Mental Spritual Setda Provinsi Papua Barat itu bahwa, Jika hari ini HEBO menang, pihaknya sangat percaya semua ini terjadi hanya karena pertolongan dan campur tangan Tuhan. Untuk itu mari bersama-sama menjaga kemenangan ini.

“Yang pertama kita syukuri dan kedua mari kita jaga hasil yang sudah kita capai hari ini dan tidak boleh ada kecurangan selama proses rekapitulasi perhitungan suara hingga ke tingkat PPD dan KPU,”ajak Hermus.