TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA –  Marice Yappo SH, seorang perempuan Papua yang menjadi salah seorang kandidat Kepala Kampung Doyo Baru Distrik Waibu Kabupaten Jayapura, berhasil mengalahkan tujuh orang kandidat lain dalam Pemilihan Kepala Kampung pada Senin, (30/11/2020).

Marice yang mendapat nomor urut 1, berhasil mendulang 797 suara, mengungguli tujuh kandidat lain yang menjadi pesaingnya. Kandidat nomor 2, Orthis  Kreutha memperoleh 584 suara, nomor urut 3 Sefnat Marweri 266 suara, no urut 4 Jhoni Marweri 207 suara , nomor urut 5 Edwin Kreutha 718 suara, nomor urut 6 Maurits Marweri 197 suara dan kandidat nomor urut 7, Paul R Kreutha mendapatkan 694 suara.

“Pleno hari ini kami langsung  penetapan calon peserta Pemilihan Kepala Kampung yang kemarin unggul, sebagai Kepala Kampung Doyo Baru periode 2020 -2026,” kata Barsalina Kreutha, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Kampung Doyo Baru, Selasa (1/12/2020).   

Pemilihan Kepala Kampung yang berlangsung di 4 TPS di Kampung Doyo Baru , berjalan aman tanpa gangguan apapun . Hal itu di sampaikan Barsalina Kreutha setelah adanya dukungan keamanan dari Polres Jayapura sebanyak 1 pleton yang di tempatkan di masing –masing TPS.

“Kemarin pemilihan berjalan baik kemudian pemilih sangat antusias untuk memilih calon-calon yang di jagokan , dalam pemantauan panitia semua berjalan lancar tidak ada isu-isu yang berkembang di masyarakat yang menghambat proses pemilihan. Puji Tuhan proses kemarin berjalan dengan baik,”katanya.

Jumlah masyarakat yang mempunya hak pilih di kampung itu sebanyak 8.364 jiwa. Empat TPS yang disiapkan panitia Jalan Masuk BTN Polda, BTN Pemda Doyo Baru, TPS Jalan Daime dan TPS di Kantor Kampung Doyo Baru, menjadikan pesta demokrasi tingkat kampung ini berjalan sesuai protokoler kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Kami sangat berterimakasih karena memang hampir semua warga menggunakan hak politiknya untuk memilih secara baik , hampir 800 pemilih yang menggunakan hak pilihnya, sedangkan di TPS 3 seribu lebih yang menggunakan hak pilihnya, sementara TPS 1 dan 2 berkurang dari DPT jumlah pemilih yang menyalurkan hak pilihnya,” jelasnya .

Total surat suara yang terpakai saat pemilihan, kata Barselina Kreutha, sebanyak 3.507  dari total 8.517 surat suara  yang di bagi setiap TPS. **

Berita lain untuk anda