Penyampaian materi petugas pengambil contoh di Karantina Pertanian Merauke. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Karantina Pertanian Merauke terus melakukan pembenahan untuk menghadapi tantangan pelayanan perkarantinaan ke depan.

Mendukung hal tersebut, berbagai upaya dilakukan salah satunya adalah meningkatkan kompetensi pejabat karantina. Bahwa, ada hal penting yang wajib disiapkan dalam mendukung kegiatan pengujian laboratorium yang valid dan profesional dari Petugas Pengambil Contoh (PPC).

“Mengantisipasi hal tersebut, Karantina Pertanian Merauke gelar In House Training Petugas Pengambil Contoh pengambilan sampel Media Pembawa OPTK. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (2-3/12),” ujar pemateri Dr. Aulia Nusantara, S.P, M. Si dari Pusat KT-Kehati Badan Karantina Pertanian, Kamis (3/12/2020).

Dikatakan, pengambilan contoh bertujuan untuk mendeteksi Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) pada media pembawa yang akan dilalulintaskan.

“Harapannya pejabat karantina dapat memberikan jaminan fitosanitari secara umum pada media pembawa yang akan dikirim,” ungkap Aulia Nusantara.

Kesempatan yang sama, Kepala Karantina Merauke, Sudirman berharap materi yang didapat nantinya lebih meningkatkan kualitas atau kemampuan pejabat fungsional guna mendukung pelaksanaan tugas di lapangan.

Berita lain untuk anda