Wakapolda Papua Barat, Brigjen Pol Patrige Rudolf Renwarin saat di sambut di Mako Ditpolairud Polda Papua Barat. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Peringati HUT ke-70, Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Papua Barat menggelar syukuran di Mako Ditpolairud Polda Papua Barat, Selasa (1/12/2020). Puncak acara ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wapolda Papua Barat, Brigjen Pol Patrige Rudolf Renwarin.

Wakapolda Papua Barat, Brigjen Pol Patrige Rudolf Renwarin saat memotong tumpeng pada perayaan HUT Polairud ke-70 di Mako Ditpolairud Polda Papua Barat. (Foto:Mega/TN)

Wakapolda Papua Barat berharap, di HUT ke-70 ini Polairud bisa meningkatkan profesionalitas yang unggul dan modern, serta menjadi kebanggaan masyarakat bangsa dan negara.

“Usia 70 bukan usia yang muda, tapi dengan melihat perkembangan situasi saat inikan tantangan tugas yang dihadapi oleh kepolisian secara umum maupun secara khususnya satuan Polair ini semakin berat. Khususnya di wilayah Papua Barat ini, kita ketahui sendiri garis pantainya kurang lebih 1.000.000 KM2 , “jelas Patrige.

Menurutnya, dengan kondisi wilayah perairan yang luas itu tindak kejahatan akan sering terjadi seperti ilegal fishing maupun penyelundupan. Apalagi di wilayah kota Sorong yang merupakan pintu masuk Papua. Tentunya hal tersebut menjadi perhatian yang serius.

“Kalau dihadapi oleh satuan-satuan Polair yang ada di Papua Barat sekarang ini tentu sangat miris kalau kita lihat dengan baik. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan HUT Polairud yang ke-70 ini tentunya harapan dari seluruh masyarakat, Polair ini semakin kuat untuk menjaga keamanan di wilayah perairan, “terangnya.

Dengan keterbatasan-keterbasan itu, Wakapolda berharap Ditpolairud Polda Papua Barat semakin mampu untuk mengatasi semua persoalan yang ada di wilayah perairan sesuai dengan aturan-aturan yang ada, yakni 12 mil dari garis pantai, wilayah itulah yang tanggung jawab Polair.

“Kita sebagai salah satu kepolisian daerah yang terbaru Papua Barat, tentunya menjadi perhatian dari pimpinan pusat yakni bapak Kapolri. Makanya setiap tahun kita mendapatkan penambahan 1 armada atau 2 armada baik ukuran besar, sedang, maupun kecil. Setiap tahun kita selalu dapat, kita berharap di tahun-tahun berikutnya bisa dapat lebih banyak lagi dan juga alokasi personil yang disiapkan Polda papua Barat ini tentunya lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya, “pungkasnya.

Berita lain untuk anda