Forkopimda Diminta Dukung Penanganan HIV/AIDS di Kupang

Pertemuan Akhir Tahun 2020 Tim Pengendali Penangggulangan AIDS Kota Kupang, yang berlangsung di ruang rapat Garuda, Kantor Wali Kota Kupang, Jumat (4/12/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man yang juga Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang meminta dukungan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yang tergabung dalam tim pengendali AIDS Kota Kupang, untuk menangani penyebaran HIV AIDS di Kota Kupang.

Permintaan tersebut disampaikannya dalam Pertemuan Akhir Tahun 2020 Tim Pengendali Penangggulangan AIDS Kota Kupang, yang berlangsung di ruang rapat Garuda, Kantor Wali Kota Kupang, Jumat (4/12/2020).

Pada kesempatan tersebut, Wawali juga menjabarkan dukungan apa saja yang diharapkan dari Tim Pengendali AIDS di tahun 2021 mendatang.

“Diantaranya adalah menyusun rencana kunjungan lapangan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing, untuk dibahas dan ditindaklanjuti bersama dalam rapat Tim Pengendali AIDS,” kata dia lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com.

Tim Pengendali diharapkan juga memberikan dukungan berupa saran, pendapat dan sosialisasi, pembinaan kepada staf masing-masing dalam upaya penanggulangan AIDS di Kota Kupang.

Pembinaan juga menurutnya, perlu dilakukan terhadap pemilik atau pengelola dan pekerja di bar/karaoke, pitrad dan spa serta lokalisasi lokal.

Wawali juga mengajak Tim Pengendali AIDS, untuk bersama Satuan Polisi Pamong Praja melakukan penertiban spot-spot yang terindikasi melakukan prostitusi.

Babhinkamtibmas dan Babinsa juga diminta kesediaan untuk mendampingi KPA dalam kegiatan lapangan seperti sosialisasi dan mobile VCT pada lokasi yang rawan penolakan.

“Pendampingan intensif sangat diharapkan saat KPA melakukan visitasi terhadap pasien terutama pada ODHA dan keluarga, dengan tetap menjamin asas kerahasiaan pasien,” tandas Wawali.