Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji mengajarkan cara pembuatan kancing baju dari batok kelapa bagi warga asli Papua di Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum didampingi anggota melaksanakan Pelatihan Home Industry pembuatan kancing baju dari batok kelapa.

Pelatihan dikhususkan bagi warga asli Papua, dengan memoles batok kelapa menjadi kancing bajau atau kancing pakaian.

“Melalui Home Industry ini, kita memanfaatkan batok kelapa menjadi kancing baju,” ungkap Kapokres Merauke, Senin (16/11/2020) di Merauke.

Untuk mentransfer pengetahuan ketrampilan tersebut, AKBP Untung sendiri secara langsung mengajarkan proses cara pembuatan hingga menjadi bentuk kancing yang menarik dan bernilai jual.

“Saya akan memanfaatkan limbah di Merauke untuk menjadi produk unggulan. Pemanfaatan limbah itu dengan mengajak warga Papua untuk terlibat di dalamnya,” ucap Untung Sangaji.

Satu buah kelapa, kata dia, mempunyai nilai jual hingga Rp 500.000, apa bila memiliki corak yang bagus bahkan diekspor keluar negeri karena diminati.

“Kita akan kembangkan usaha ini yang melibatkan warga Papua. Potensi limbah yang ada di sini mempunyai nilai jual,” ungkapnya lagi.

Peserta pelatihan sangat antusias dan memberikan apresiasi kepada beliau yang dengan rendah hati berbagi pengetahuan, mengajarkan keterampilan yang belum pernah ada sebelumnya.

Besar harapan mereka bahwa Home Industry ini akan berlanjut sampai warga mandiri dalam memproduksinya hingga mendapatkan penghasilan sendiri.

Berita lain untuk anda