Upacara hari pahlawan tahun 2020 yang berlangsung di halaman kantor walikota Sorong. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dalam rangka memperingati hari Pahlawan ke-75 tahun 2030, pemerintah Kota Sorong melaksanakan upacara Bendera, Selasa (10/11/2020), di Lapangan Upacara Kantor Walikota Sorong.

Upacara tersebut mengambil tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”, dan bertindak sebagai Inspektur Upacara Walikota Sorong Drs. Ec. Lamberthus Jitmau, M.M.

Walikota Sorong Drs. Ec. Lamberthus Jitmau, M.M, dalam sambutannya menyampaikan, Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid 19 yang saat ini melanda dunia, “ucap Lambert saat membacakan amanat Menteri Sosial RI.

Pada kesempatan tersebut, walikota Sorong menghimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi memperingati hari pahlawan tahun 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Soekarno yang menyatakan bahwa “…hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…”

“Selamat hari Pahlawan tahun 2020, semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatannya kepada bangsa Indonesia, ” Pungkas Walikota Sorong

Usai pelaksanaan Upacara Bendera, dilanjutkan dengan Ziarah Nasional di TMP Tri Jaya Sakti Kota Sorong, dengan dipimpin Kapolresta Sorong AKBP Ary Nyoto Setiawan S.Ik, M.H.

Ziarah makam itu merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Pahlawan ke-75 tahun 2020, dengan tujuan selain untuk mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur, juga merupakan agenda rutin setiap tahunnya yang mengandung makna yang sangat dalam, karena selain sebagai sarana dan wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa, juga mengajak kepada seluruh Prajurit TNI-Polri serta Pemda Kota Sorong untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para Pahlawan yang telah diberikan kepada Bumi Pertiwi demi perjuangan bangsa dan Negara.

Berita lain untuk anda