Wali Kota Diundang Sebagai Speaker dalam DataGov e-Summit 2020

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy diundang sebagai salah satu speaker atau panelis dalam kegiatan DataGov Ai e-summit & e-Award 2020 yang direncanakan akan berlangsung pada hari Selasa (24/11/2020) secara virtual.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz mengatakan, terpilihnya Wali Kota Ambon sebagai salah satu speaker, dikarenakan Kota Ambon merupakan salah satu penerima penghargaan untuk kategori Best Data Governance for Smart Intelligent City.

“Sebelumnya dari pihak penyelenggara sudah melakukan penilaian terhadap institusi-institusi pemerintahan terkait pengolahan data, dalam hal ini data yang sangat banyak yang lebih dikenal dengan istilah Big Data. Kota Ambon kemudian ditetapkan sebagai salah satu penerima penghargaan untuk kategori Best Data Governance,” kata Joy kepada wartawan, di Ambon, Senin (23/11/2020).

Dijelaskan, Big Data merupakan kumpulan aktivitas-aktivitas data berbasis digital yang bervariasi dan bersifat real time.

“Dengan pengelolaan yang baik, big data dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, mulai dari keperluan bisnis hingga pemerintahan, namun apabila tidak dikelola dengan baik, bisa berdampak buruk bagi bisnis maupun pemerintahan itu sendiri,” katanya.

Menurut dia, sebagai salah satu penerima penghargaan, Kota Ambon melalui Walikota kemudian diundang sebagai salah satu speaker dalam kegiatan DataGov Ai e-Summit untuk berbagi strategi terkait penanganan data dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Acaranya webinar series, sehingga akan berlangsung selama tiga hari, pada tanggal 24 November, 26 November dan 1 Desember. Bapak Wali Kota diminta menjadi salah satu panelis pada acara tersebut untuk hari pertama, yang akan berlangsung secara virtual pada hari selasa mendatang. Sementara penerimaan penghargaan untuk Kota Ambon itu pada hari kedua yaitu tanggal 26 November, nanti,” ujar Joy.

Selain Wali Kota Ambon, lanjut Joy, panelis lain juga akan berbagi pengalaman sesuai bidang masing-masing dalam sesi diskusi panel, yang direncanakan akan berlangsung selama kurang lebih 2 jam tersebut, antara lain, Country Manager Fortinet Indonesia, Edwin Lim; Leader of Enterprise Apacs, Raagulan Pathy; EVP Enterprise Data Management BRI, Danar Widyantoro; Senior Lecturer of Swinburne Bisnis School–Swinburne University of Technology, Prof. Adi Prananto.

“Panelis-panelis akan berbagi pengalaman cara penanganan big data sesuai bidang masing-masing, antara lain Bisnis, Perbankan, dan pendidikan,” imbuhnya.

Konferensi bersifat webinar series tersebut memberi akses ke studi kasus terbaru, wawasan dan pengetahuan mutakhir, dengan pelajaran dan praktik terbaik yang disetujui.

Kegiatan tersebut dapat diikuti oleh semua kalangan karena akan dibawakan oleh para panelis berpengalaman dari dalam negeri, kawasan Asean dan Global, untuk menginspirasi para peserta dalam perjalanan Big data dan AI.

Bagi para calon peserta dapat melakukan registrasi pada laman www.abdi.id/event-registration atau http://bit.ly/DatagovAI-Day1-BRI-Hall (untuk tanggal 24 Nov 2020), http://bit.ly/DatagovAI-Day2-BCA-Hall (untuk tanggal 26 Nov 2020), http://bit.ly/DatagovAI-Day3-BAKTI-Hall (untuk tanggal 1 Des 2020).