Sekretaris DPD Partai Demokrat provinsi Papua Barat, Jongky R Fonataba, SE, MM. Foto ist.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Wakil Ketua III DPR Papua Barat, sekaligus Sekretaris DPD Partai Demokrat provinsi Papua Barat, Jongky R Fonataba, SE, MM, stelah menyaksikan siaran tunda penyampaian visi misi pasangan kandidat bupati dan wakil bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati dan Orideko Iriano Burdam di iNews tv, Sabtu (28/11/2020), setelah dicermati, adalah kunci kemenangan di Pilkada Raja Ampat pada 09 Desember 2020 mendatang.

“Lewat debat tersebut, tentunya saya melihat figur Faris sangat menguasai materi visi dan misi beliau sebagai bupati Raja Ampat pada periode pertama. Sehingga ketika ketiga Panelis mengajukan berbagai pertanyaan terkait visi misi sekarang dari pak Faris dan ORI, terlihat keduanya selalu punya kemampuan extra untuk menjawab apa saja yang akan diwujudkan dan hal apa saja yang akan menjadi program lanjutan dari periode yang lalu. Terbukti memang dan tak bisa dipungkiri bahwa pak Faris telah berbuat banyak untuk Raja Ampat,” ujarnya.

Dikatakannya, kolaborasi kepemimpinan bersama Orideko Burdam yang cukup berpengalaman dalam pemerintahan merupakan duet yang sangat cocok untuk membangun Raja Ampat lebih baik kedepan.

Menurut Fonataba, ada 3 point kunci dari visi misi pasangan Faris-ORI yang pro terhadap masyarakat Raja Ampat.

“Pertama, mempersiapkan Sumber Daya Manusia dengan mewajibkan anak-anak dari semua kampung di Raja Ampat untuk mengenyam pendidikan yang layak untuk dipersiapkan mengembangkan pariwisata sebagai lahan kerja baru.bahkan melakukan kerjasama dengan beberapa BLK dan Perguruan Tinggi agar anak-anak Raja Ampat bisa dipersiapkan dengan baik mengembangkan usaha mandiri sebagai lapangan kerja baru,” jelasnya.

“Kedua, memberi kemudahan bagi wisatan Internasional dan Domestik untuk berkunjung ke Raja Ampat dan bertahan lama di Raja Ampat dalam rangka mendongkrak PAD.
Ketiga, mempersiapkan infrastruktur bagi lapangan terbang dan pelabuhan laut yang bertujuan memudahkan akses transportasi ke Raja Ampat lebih gampang serta mendorong perekonomian,” lanjut bung JRF, sapaan akrab Jongky Roberth Fonataba.

Selain itu, menurut JRF, potensi Raja Ampat yang memiliki sumber daya alam laut yang berlimpah dan eksotis membutuhkan pemimpin yang visioner, dan Itu sdh jelas ada pada Faris dan ORI.

“Saya pikir inilah visi misi yang cukup brilian karena tidak gampang membangun sebuah Kabupaten yang terdiri dari pulau-pulau. Saya melihat, Faris-Ori punya kemampuan itu,” tandasnya.

Kata politisi senior partai Demokrat ini, masyarakat Raja Ampat harus bangga mempunyai kepala daerah seperti Faris dan ORI. Mereka sama-sama muda dan punya kemampuan manajerial yang bagus.

“Penguasaan materi visi misi cukup baik sekali. Alasannya mereka sama-sama punya pengalaman lapangan sudah sangat matang. Ini menjadi alasan mengapa masyarakat Raja Ampat memilih Faris-ORI,” terangnya.

“Kalau saya katakan ini kolaborasi yang sudah pas untuk Raja Ampat membangun lima tahun ke depan. Jangan lagi menoleh kebelakang tetapi sudah harus dengan sadar dan sungguh percaya pada lokomotif Faris-ORI mensejahterakan Raja Ampat dengan tidak terprofokasi pada isu eforia belaka,” jelas mantan Sekretaris DPC partai Demokrat Kota Sorong itu.

Berita lain untuk anda