Terima Penghargaan, Pempus Anggap Wali Kota Ambon Berperan Dalam Pembangunan Kesehatan

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Karena dianggap berperan dalam pembangunan kesehatan untuk wilayah Kota Ambon, Wali Kota Richard Louhenapessy kembali meraih penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan RI.

Penghargaan tersebut dianugerahkan kepada Wali Kota Ambon saat perayaan puncak Hari Kesehatan Nasional ke-56, Kamis (12/11/2020) yang diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube Channel Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Penghargaan yang diraih Wali Kota Ambon merupakan Penghargaan Menteri Kesehatan kepada Kepala Daerah di Wilayah Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM).

Selain kepada Wali Kota Ambon, Penghargaan Posbindu PTM tahun 2020 Menteri Kesehatan RI juga diberikan kepada Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu) Penyakit Tidak Menular KALESANG SEHAT Kota Ambon, untuk kategori Koordinasi Lintas Sektor dalam penyelenggaraan Posbindu PTM.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, penghargaan yang diraih bukan semata-mata karena kerja Wali Kota semata, melainkan karena dukungan dari para tenaga medis, masyarakat dan juga para awak media yang senantiasa memberikan dukungan atas kebijakan yang diambil.

“Karena itu, saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya serta terima kasih kepada semua pihak, baik aparat medis, masyarakat maupun para awak media yang selama ini telah mendukung, mensupport kebijakan yang dibuat, serta bersama-sama berupaya untuk menjaga kesehatan masyarakat,” kata Wali Kota saat dihubungi wartawan dari Ambon, Jumat (13/11/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy Wali Kota Ambon oleh Kementerian Kesehatan dinilai sangat membantu, berperan serta, mendukung pembangunan kesehatan lewat berbagai kebijakan yang diambil.

“Kebijakan-kebijakan yang diambil Bapak Wali Kota terkait penanganan kesehatan masyarakat, terlebih khusus terhadap penanganan serta pengendalian penyakit tidak menular, dinilai sangat mendukung pembangunan kesehatan di Kota Ambon. Hal ini juga dibuktikan dengan terpilihnya Posbindu PTM Kalesang Sehat sebagai salah satu peraih penghargaan, untuk kategori Koordinasi Lintas Sektor dalam penanganan dan pengendalian PTM,” kata Pelupessy

Untuk diketahui, Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM, yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik.