Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan Resmikan Ruas Jalan dan Pemancangan tiang pembangunan jembatan Meyof, Distrik Merdey, Kabupaten Teluk Bintuni, Jumat (13/11/2020). Foto : Ist

TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI– Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan meresmikan ruas jalan yang menghubungkan distrik ke kampung dan antar Kabupaten di wilayah dataran moskona.

Dalam sambutannya Dominggus Mandacan mengatakan, ruas jalan dan jembatan ini merupakan kebutuhan masyarakat Teluk Bintuni yang selama ini dibutuhkan untuk mempermudah transportasi.

“Ruas jalan dan jembatan ini merupakan kebutuhan transportasi masyarakat di daerah dataran moskona ini, sehingga ketika diresmikan maka dapat membuka isolasi transportasi yang selama ini sulit dijangkau dengan kenderaan darat” kata Gubernur saat menyampaikan sambutan pada pemancangan tiang pembangunan jembatan mayof, Distrik Merdey, Jumat (13/11/2020)

Dominggus juga menegaskan bahwa pembangunan di daerah pegununagan ini terus berjalan sehingga orang yang tinggal di kota jangan mengatakan tidak ada pembangunan tetapi datang berkunjung ke kampung untuk melihat.

Pembukaan ruas jalan yaitu yang menghubungkan kampung cempedak, distrik Merdey ke kampung Meyerga, distrik Biscoop ke kampung Horna, kemudian ruans jalan Merdey ke Meyof dan Moskona ke Maybrat.

Selain itu, Gubernur Dominggus Mandacan juga melakukan pemancangan pembangunan jembatan kali meyof tahap I dengan bentangan panjang 80 meter.

Gubernur mengatakan, sumber anggaran pembangunan ruas jalan dan jembatan untuk membantu transportasi masyarakat Teluk Bintuni kemudian ke Maybrat dan Pegunungan Arfak berasal dari dana tambahan infrastruktur (DTI) otonomi khusus tahun 2020.

Dijelaskan pembangunan jembatan kali meyof tahap I dalam bentuk pengadaan tiang dan satu abutmen bangunan bawah anggaran awalnya Rp 10 milyar tetapi karena recofusing anggaraN COVID-19 sehingga menjadi Rp 4.734.700.000.

Kemudian ruans jalan menghubungkan Cempedak distrik Merdey ke kampung Meyerga sepanjang 1,81 km ini anggaran sebesar Rp 2.959.200.000. selanjutnya ruas jalan distrik Biscoop ke kampung Horna sepanjang 5,83 km anggarannya sebesar Rp 14.580.400.000.

Peningkatan ruas jalan jalan Mogoy ke Merdey sepanjang 5,16 km dengan produk rigid atau beton anggarannya sebesar Rp 41. 291.183.00, ruas jalan Merdey ke Meyom diusulkan Kabupaten Teluk Bintuni ke Provinsi dengan panjang 1,8 km anggarannya sebesar Rp 4.592.800.000.

Kemudian ruas jalan yang menghubungkan Moskona dengan Kabupaten Maybrat sepanjang 3,29 km senilai Rp 8.235.700.000 dan batas Kabupaten Teluk Bintuni – Merdey sepanjang 2,27 km anggarannya Rp 5.679.200.000.

Sementara itu, anggota DPR Papua Barat dapil 5 Daniel Asmorom, S.H.,M.M menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Drs Dominggus Mandacan yang sudah menjawab aspirasi masyarakat Teluk Bintuni.

“Terima kasih Pemerintah Provinsi Papua Barat, Bapak Gubernur yang sudah menjawab aspirasi masyarakat Teluk Bintuni yang saya usulkan dan juga Pak Bupati usulkan” ucap Daniel Asmoron kepada media ini melalui telpon celulernya, jumat sore.

Berita lain untuk anda