Penyerahan Piagam Penghargaan kepada perwakilan TNI-Polri di Halaman Mako Polres Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebanyak 37 personil TNI-Polri di Merauke menerima piagam penghargaan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Merauke, yang ditandatangani oleh Bupati Kabupaten Merauke Frederikus Gebze, Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji dan Dandim 1707 Merauke Letkol Eka Ganta Chandra.

Pemberian reward digelar dengan upacara gabungan TNI-Polri di Lapangan Upacara Mako Polres Merauke, dipimpin oleh Wakil Komandan Lantamal XI, Kolonel Laut Avianto Rooswirawan, Jumat (27/11/2020).

Penghargaan diberikan bagi anggota Kepolisian sebanyak 24 orang, TNI, serta satuan samping (Kopasus, BIN, BAIS) sebanyak 13 orang. Ini diberikan atas prestasi kerja, dedikasi dan loyalitas serta tanggap darurat di lapangan menyikapai perkembangan kasus penting dan kasus makar oleh salah satu organisasi yang berpotensi terhadap gangguan kemanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“TNI-Polri, Pemerintah, dan masyarakat mempunyai tugas pokok mengemban amanat negara yaitu mewujudkan bentuk NKRI dari Sabang sampai Merauke. NKRI Wajib kita jaga bersama dan akarnya adalah persatuan,” ungkap Wadan Lantamal XI Merauke Kolonel Avianto.

Kapolres Merauke kesempatan yang sama menyampaikan, bahwa TNI dan Polri tidak terpisahkan dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Kasus kemarin, kita Polri masih melakukan upaya persuasive dan humanis. Namun, bila ke depan masih ada kelompok-kelompok yang menentang NKRI lagi, kita akan ambil tindakan tegas secara kedinasan. Kemarin di KKP saja diamankan dengan borgol, apalagi makar,” ungkap AKBP Untung Sangaji.

Ia menekankan, pada Kalender Kamtibmas bulan Desember 2020 di Merauke harus tetap kondusif. Pelaksanaan Pilkada, Natal dan Tahun Baru berjalan aman dan lancar.

Berita lain untuk anda