Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menyerahkan bantuan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) ASN, kepada 22 Lansia Lorong Bukit Mekar Kelurahan Watu-Watu, Kecamatan Kendari Barat, Jumat (20/11/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir, melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyerahkan bantuan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) ASN, kepada 22 Lansia Lorong Bukit Mekar Kelurahan Watu-Watu, Kecamatan Kendari Barat, Jumat (20/11/2020).

Wali Kota dalam sambutannya mengatakan, Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) yang dibagikan ini, sebagian besar berasal dari zakat profesi ASN Pemkot Kendari.

“Sebenarnya Baznas cakupannya luas, tidak hanya pegawai lingkup Pemerintah Kota Kendari, tetapi yang saat ini intens dalam menyetorkan zakatnya adalah ASN Kota Kendari,” terang Wali Kota dalam rilisnya yang diterima Teropongnews.com.

Lebih lanjut Wali Kota mengatakan, Zakat Infak dan Sedekah ini adalah bagian dari imbauan Pemkot kepada ASN.

“Saya menganjurkan untuk semua ASN Pemkot Kendari untuk menunaikan zakatnya melalui Baznas. Sebab jika dikelola melalui badan (Baznas) pengelolaanya juga jauh lebih bagus, agar dapat dibagi secara merata. Meski jumlahnya tidak begitu besar Insya Allah berkah serta memberikan manfaat yang besar bagi kita,” ungkap Wali Kota.

Dia juga terus berpesan kepada Baznas, agar zakat ini sepenuhnya jangan dibagi secara konsumtif tetapi juga dalam bentuk produktif.

“Sebaiknya zakat yang dibagikan ini jangan semua dalam bentuk konsumtif, akan tetapi sebagiannya dapat dibagikan dalam bentuk ekonomi produktif. Dengan begitu kita berharap zakat yang diberikan ini tidak hanya untuk hari ini saja, akan tetapi dapat dipergunakan juga untuk usaha, dan berharap suatu saat bukan lagi kita yang menerima zakat, melainkan pemberi zakat,” harapnya.

Wali kota juga berpesan kepada warga Lorong Bukit Mekar, untuk tetap tumbuhkan kesabaran meski dimasa sulit seperti ini. “Insya Allah semua akan berjalan dengan baik jika kita ikhlas dan tulus dalam menghadapi sebuah masalah,” tandas dia.

Sementara Ketua Harian Baznas Kota Kendari, H. Alimuddin K. mengatakan, kegiatan yang berlangsung ini adalah tindak lanjutan dari pendistribusian tahap pertama, yang dilaksanakan pada bulan lalu sebanyak 676 orang lansia.

“Ini merupakan tindak lanjut pendistribusian tahap awal yang telah dilaksanakan pada bulan lalu kepada 676 orang lanjut usia, dan tahap ke dua ini, Baznas melakukan pendistribusian lanjutan intuk pemberian sembako kepada 461 orang lanjut usia sehingga total seluruhnya sebanyak 1.137 orang (lansia),” ungkapnya.

Lanjut Alimudin mengatakan, khusus untuk Kecamatan Kendari Barat sebanyak 12 titik pendistribusian, berjumlah 305 orang lansia.

“Kecamatan Kendari Baratlah yang terbanyak dalam penyaluran Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) ini yang akan dibagi dalam 12 titik,” terang Alimuddin.

Sementara tokoh masyarakat Lorong Bukit Mekar mengatakan, warganya mengucapkan terimakasih banyak kepada Wali Kota Kendari.

“Saya sebagai Ketua RT. 04/RW 03 mengucapkan banyak terimakasih. Selama kepemimpinan bapak wali kota, Alhamdulillah bantuan untuk warga sudah sering kami terima,” ucap RT. Bukit Mekar Kelurahan Watu- Watu.

Berita lain untuk anda