Pemukulan Kandara pembukaan kegiatan latihan SAR Daerah Tahun 2020, Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke melaksanakan latihan SAR daerah, yang dilaksanakan selama dua hari yakni 17-18 November 2020 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Basarnas Merauke, Supriyanto Ridwan, SE dalam laporan panitianya menyanpaikan, tujuan latihan SAR daerah adalah untuk meningkatkan kemampuan/keterampilan personil Kantor Pencarian dan Pertolongan serta potensi SAR di Kabupaten Merauke.

Melibatkan para pemangku kepentingan yang mempunyai Tim Rescue untuk penyelamatan korban baik yang disebabkan oleh bencana alam maupun bencana non alam. Baik kecelakaan penerbangan, pelayaran, lalu lintas angkutan jalan maupun bencana yang disebabkan oleh ulah manusia.

“Peserta berjumlah 45 orang dengan tempat kegiatan di Kantor SAR dan Dermaga Kelapa Lima Merauke,” ucapnya.

Bupati Merauke, Federikus Gebze dalam sambutannya mengatakan, semakin meningkatnya intensitas kecelakaan, bencana dan keragamannya, maka upaya penanggulangan kecelakaan dan bencana di Indonesia khususnya di Merauke perlu ditangani secara komprehensif, multi sektor, terpadu dan terkoordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Peningkatan kapasitas SDM aparatur dan masyarakat serta organisasi potensi SAR merupakan suatu yang sangat strategis, maka sangat diperhatikan upaya-upaya penguatan kapasitas baik melalui latihan bersama secara berkesibambungan,” kata Freddy.

Harapannya, dengan latihan bersama ini dapat meningkatkan kerja sama tim Rescue Kantor Pencaharian dan Pertolongan Merauke dapat meningkatkan profesionalisme, sinergitas, dan militansi pada seluruh petugas Rescue.

Berita lain untuk anda