Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Upacara ziarah yang dipimpin oleh Pjs. Gubernur, Agus Fatoni selaku Inspektur Upacara, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi, Selasa (10/11/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MANADO – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Upacara ziarah yang dipimpin oleh Pjs. Gubernur, Agus Fatoni selaku Inspektur Upacara, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi, Selasa (10/11/2020).

Di era new normal dampak dari pandemi Covid-19, upacara digelar menggunakan protokol kesehatan, untuk pencegahan Covid-19. Dengan jumlah peserta upacara terbatas, 5 regu yang terdiri dari TNI, POLRI dan ASN.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, dipimpin oleh Komandan Upacara.

Kemudian Pjs. Gubernur Sulut, Agus Fatoni selaku Inspektur Upacara memimpin pelaksanaan mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan yang telah mendahului. Dan dilanjutkan dengan meletakkan karangan bunga sebagai simbol penghormatan.

Upacara ditutup dengan Pembacaan doa oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulut H. Anwar Abubakar. Selanjutnya Pjs. Gubernur beserta Forkopimda Sulut melakukan tabur bunga di makam para pahlawan.

Pjs. Gubernur Sulut, Agus Fatoni mengatakan, dengan diperingatinya Hari Pahlawan setiap tahun, maka setiap tahun pula seluruh warga negara bisa mengambil hikmah dan semangatnya.

“Bagi generasi saat ini yang perlu ditiru dari semangat pahlawan adalah semangat berjuang,” ucap Fatoni.

Menurutnya, ada pahlawan merebut kemerdekaan, ada pahlawan mempertahankan kemerdekaan, dan ada pahlawan mengisi kemerdekaan.

“Tugas kita adalah bagaimana menjadi pejuang-pejuang, menjadi pahlawan-pahlawan untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia,” tambahnya.

Di masa pandemi Covid-19 ini, Fatoni menyampaikan bahwa masyarakat juga harus menjadi pahlawan-pahlawan, yaitu dengan bersama-sama menghadapi pandemi ini agar dapat segera berakhir.

Pada Hari Pahlawan ini, Presiden RI Joko Widodo menganugerahi gelar Pahlawan Nasional kepada Arnold Mononutu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan kepada Pemerintah yang telah memberikan gelar pahlawan kepada salah satu tokoh dari Sulut. Ini tentu menjadi kebanggaan bagi kita semua dan menjadi semangat bagi masyarakat Sulut untuk terus berjuang dalam mengisi kemerdekaan RI,” pungkas Fatoni.

Berita lain untuk anda