Pandemi Tak Padamkan Semangat Merayakan Hari Guru Nasional

Likee challenge #MakasihGuru

TEROPONGNEWS.COM – Jatuh tepat pada Rabu, 25 November 2020, tahukah kamu bahwa Hari Guru Nasional bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)? Yup, peringatan Hari Guru Nasional yang ke-75 ini nyatanya bertujuan untuk menghargai pengabdian para guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Selalu menjadi hari yang istimewa setiap tahunnya, tentu perayaan Hari Guru Nasional tahun ini terasa berbeda dengan adanya  pandemi Covid-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya. Lalu, bagaimana biasanya Hari Guru Nasional diperingati? Juga, bagaimana membuatnya lebih berkesan di tengah pandemi ini? Yuk simak!

Sebelum pandemi

Pada Hari Guru Nasional di tahun-tahun sebelumnya, biasanya siswa-siswi berinisiatif untuk memberikan kejutan kepada guru mereka sebagai simbol ucapan terima kasih yang mendalam atas jasa-jasa para guru yang telah diberikan. Bagi beberapa siswa-siswi, memberikan coklat, bunga, dan sekotak kue lengkap dengan sepucuk surat untuk wali kelas masing-masing merupakan hal yang sangat sering dilakukan setiap tahunnya.

Ilustrasi foto oleh Porapak Apichodilok dari Pexels

Di beberapa sekolah bahkan pada Hari Guru Nasional ini dibuka atau diawali dengan upacara bendera di lapangan bersama-sama untuk memperingati Hari Guru Nasional, dilanjutkan dengan penampilan istimewa dari siswa-siswi berupa penampilan tari menari, menyanyi, paduan suara, serta pembacaan puisi yang khusus dibawakan pada Hari Guru Nasional, dan diakhiri atau ditutup dengan mendokumentasikan momen berharga bersama para guru dan teman-teman.

Inisiasi Kemendikbud di tengah pandemi

Pada tahun ini, di mana pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak masyarakat lantas tidak menghalangi semangat untuk memeriahkan Hari Guru Nasional secara semarak, termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 pada tanggal 25 November 2020 pukul 08.00 WIB secara tatap muka, terbatas, minimalis, dan memperhatikan protokol kesehatan, tentunya demi mencegah penyebaran Covid-19.

Kemendikbud menyampaikan bahwa instansi pusat, instansi daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia (RI) di luar negeri yang berada dalam wilayah zona hijau dan kuning diperkenankan untuk menyelenggarakan upacara bendera secara tatap muka, terbatas, dan minimalis dengan berpedoman pada ketentuan yang ditetapkan Kemendikbud.

Mengusung tema ‘Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar’ dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tahun 2020, Kemendikbud mengimbau instansi di wilayah zona oranye dan merah, serta masyarakat untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing.

Kegiatan seru untuk mendoakan guru saat ini

Pandemi Covid-19 mendorong siswa-siswi untuk mencari cara istimewa dan kreatif untuk mencurahkan kasih sayang kepada para guru atas jasa-jasa yang telah diberikan selama duduk di bangku sekolah. Tidak lupa dengan mencurahkan rasa rindu kepada para guru setelah hampir delapan bulan melakukan PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh sehingga tidak dapat melakukan aktivitas belajar dan mengajar seperti biasa.

Menyadari keterbatasan yang ada, platform pembuatan video pendek Likee menjawab kebutuhan masyarakat dengan menghadirkan challenge #MakasihGuru untuk mengajak pengguna merayakan Hari Guru Nasional dengan cara yang berbeda, yaitu mengucapkan rasa terima kasih melalui video pendek dengan fitur spesial yang hadir pada Hari Guru Nasional.

Untuk mengikuti challenge #MakasihGuru, pengguna dapat mencari lagu ‘Terima Kasih Guruku’ yang tersedia di Likee saat ingin merekam video dan mengucapkan terima kasih kepada guru, yang di kemudian diunggah dengan tagar #MakasihGuru. Selain menggunakan fitur spesial, challenge ini juga bertujuan untuk mengasah kreativitas pengguna sehingga mereka dapat menambahkan pesan dan emoji di dalam video pendek mereka yang dapat dikreasikan sesuka hati.

“Sebagai platform yang digemari oleh generasi muda, kami ingin menjaga semangat untuk merayakan Hari Guru Nasional yang sekaligus mendukung imbauan Kemendikbud dengan menghadirkan challenge #MakasihGuru. Sejalan dengan tagline Likee yaitu ‘Saatnya Kamu Bersinar’, Likee merupakan platform yang strategis untuk mewujudkan tema Hari Guru Nasional tahun 2020 yaitu ‘Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar’. Para pengguna dapat mengekspresikan kreativitas, menyampaikan pesan positif, serta ungkapan terima kasih kepada para guru, dengan membagikan video pendek yang dapat mengimbau orang-orang di sekitar mereka untuk melakukan hal yang sama,” ungkap, Marketing Director of Likee Indonesia, Theon Hsu.

Likee memberikan kemudahan bagi pengguna agar dapat membuat video menarik dan merekam momen yang mengesankan. Oleh karena itu, Likee memperoleh peringkat pertama dalam deretan “Top 10 Breakout Apps” menurut laporan App Annie tahun 2019. Selain itu, Likee juga memperoleh posisi keenam dalam daftar “Top Apps Overall Worldwide” di Q1 tahun 2020 menurut Sensor Tower. Likee memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang unik, di mana pengguna dapat mengeksplorasi kreativitas, mengekspresikan diri, serta mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan idolanya melalui berbagai challenge. #SaatnyaKamuBersinar dengan wujudkan ide-ide kreatif di Like.