Berita

KSU Primer Perkebunan Sawit Mandob Sejahtera Selenggarakan RAT ke Empat

×

KSU Primer Perkebunan Sawit Mandob Sejahtera Selenggarakan RAT ke Empat

Sebarkan artikel ini
RAT ke empat Koperasi Serba Usaha (KSU) Primer Perkebunan Sawit Mandob Sejahtera tahun buku 2019. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Serba Usaha (KSU) Primer Perkebunan Sawit Mandob Sejahtera Tahun Buku 2019 diselanggarakan di Gedung Olahraga Estate C PT. BIA, Rabu (4/11/2020).

1548
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

RAT dilaksanakan sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus kepada anggota, dan pengambilan keputusan strategis demi keberlangsungan koperasi.

Bendahara Koperasi Serba Usaha Primer Perkebunan Sawit Mandob Sejahtera, Asril mengatakan Koperasi yang bergerak di bidang kelapa sawit dan usaha lainnya seperti beras, pasir, dan warung serba ada (Waserda) ini berdiri sejak Februari 2016 dengan beranggotakan 334 orang asli Papua.

“Orang asli Papua sendiri yang jadi pengurusnya. Sejak 2016 masih dibantu oleh plasma PT. Bio Inti Agrindo (BIA), selanjutnya, di bulan Oktober 2019 sudah mampu mengelola sendiri keuangan dan usahanya,” ujar Asril dalam sambungan telepon, Kamis (5/11/2029).

Hadirnya koperasi ini dikatakan sangat bermanfaat bagi masyarakat asli Papua di sekitar perusahaan Sawit PT. BIA yang berinvestasi di Dusun Kukumit, Kampung Mandekman, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke.

“Terutama dar hasil bagi kebun (CPCL), anggota ditransferkan langsung ke rekening masing-masing. Bagi hasil khususnya blok I plasma sudah 11 tahap pembagian,” tutur Asril.

Bahkan, koperasi yang beranggotakan 334 orang ini diakui sebagai koperasi terbaik asli Papua di wilayah Papua sebagaimana adanya perhatian yang cukup besar dari Dinas Koperasi UMKM Perindag Merauke. Bentuk perhatian berupa pendampingan, dan bantuan permodalan.

Pada Oktober 2020 koperasi dibantu permodalan dalam bentuk barang Waserda senilai 100 juta. Kemudian, bulan November ini rencananya akan diadakan pelatihan (Bimtek) khusus akuntansi keuangan koperasi.

“Harapan kami, segala proses kegiatan usaha terus dibantu dan didukung oleh perusahaan PT. BIA dan Pemerintah Daerah melalui dinas terkait supaya terus maju, dimudahkan dalam hal perizinan dll,” pintanya.

RAT ke empat ini dihadiri Kepala Bidang Koperasi, Paulina Mahuze, Kepala Seksi Kelembagaan Koperasi, Charles Sumbung, Kepala Seksi Fasilitas Permodalan Koperasi, Imakulata Mawon dan seluruh pengurus dan anggota koperasi.