Berita

KPU Merauke Temukan Puluhan Surat Suara Rusak

×

KPU Merauke Temukan Puluhan Surat Suara Rusak

Sebarkan artikel ini
Surat suara Pilkada Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Saat dilakukan penyortiran dan pelipatan, KPU Merauke temukan 90 surat suara untuk Pilkada 2020 mengalami kerusakan atau tidak layak.

Beruntung dalam setiap koli terdapat surat suara yang lebih, sehingga dapat menutupi jumlah yang rusak, dan tidak perlu ada pengadaan baru.

“Surat suara yang lebih ini bisa menutupi surat suara yang rusak, sehingga kita tidak perlu mencetak baru,” terang Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, Senin (30/11/2020) di Merauke.

2414
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Mengapa ada kelebihan, karena dalam satu koli bukan dihitung per lembar tetapi ditimbang, dengan estimasi dalam satu koli terisi sekitar 2000 lembar.

Sementara logistik yang belum tiba di Merauke, Theresia menyebut berupa thermogun, sarung tangan lateks, dan surat atau formulir pemberitahuan.

Lalu, untuk pendistribusian logistik terjauh akan dilakukan pada H-7 atau H-5 sebelum pemungutan suara. Untuk distrik terdekat dilakukan H-3 atau H-2. Sementara di wilayah Distrik Merauke dilakukan pada H-1.

“Untuk distrik terjauh, kami akan koordinasi dengan BMKG terkait cuaca dan KSOP mengenai kelayakan berlayar untuk transportasi kapal. Begitu juga keamanannya, kita koordinasi dengan petugas keamanan,” ucap Theresia.