KPU Merauke Sosialisasikan Pilkada Bagi Istri TNI-Polri

Sosialisasi Pilkada 2020 dalam masa Pandemi Covid-19. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Penting bagi ibu-ibu, atau keluarga TNI-Polri untuk memperoleh informasi seputar pemilu sebagai referensi untuk ikut berpartisipasi dalam Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 nanti.

Untuk itu, KPU Merauke menyelenggarakan sosialisasi pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Merauke dalam masa pandemi Covid-19, Jumat (13/11/2020), di Aula Itese.

Dengan mendapatkan informasi memadai, para istri dan keluarga yang bukan anggota TNI-Polri diharapkan bisa menjadi penyambung informasi kepada sesamanya, supaya terlibat dalam memberikan hak pilihan.

“Sehingga dalam pelaksanaan Pilkada semua komponen masyarakat diharapkan berpartisipasi menentukan pilihan,” ujar Divisi Sosialisasi KPU, Syahmuhar Zein.

Melihat waktu pelaksanaan Pilkada semakin dekat, maka KPU gencar melakukan sosialisasi, dengan harapan, agar angka partisipasi pemilih mencapai target atau lebih.

Secara nasional, target partisipasi Pilkada Serentak Tahun 2020 adalah 78,5 persen. Sementara partisipasi pemilih di daerah disesuaikan dengan target nasional.

“Ini butuh kerja ekstra dengan memanfaatkan masa kampanye ini untuk bersosialisasi. Sehingga masyarakat tidak takut datang ke TPS,” ujar Muhar.

Penting untuk diketahui, masyarakat terkhusus bagi tim sukses pasangan calon (paslon) diajak, untuk tidak saling menghina di media sosial terutama FB. Karena ujaran kebencian akan mempengaruhi nama kandidat.

“Sebab, masyarakat sekarang sudah punya wawasan yang cukup, jangan sampai dengan postingan yang menghina dan saling serang, justru merugikan pasangan calon,” ucapnya.

Menurut Muhar, tiga pasangan calon merupakan putra terbaik Kabupaten Merauke. Sebelum hari pencoblosan, masyarakat wajib merekam jejak atau mengenal, bahkan mencari informasi terkait program unggulan tiga paslon Bupati dan wakil Bupati Merauke.

“Supaya dapat memilih calon pemimpin yang tepat. KPU harus menyiapkan perlengkapan protokol kesehatan di TPS, sehingga menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat yang datang ke TPS,” tutup Muhar.