TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit jajarannya, Kodim 1801/ Manokwari menyelenggarakan kegiatan peningkatan kemampuan Aparat Komando Kewilayahan Tersebar TA 2020,di gedung serbaguna Kampung Desay Distrik Prafi, Rabu (25/11/2020).

Pelaksanaan kegiatan tersebut diikuti seluruh Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 1801/Manokwari.

Hadir sebagai narasumber, dr Alwan (Dir RS Pratama), Jaka Mastuti,SP (Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemda mkw), Dewi Ukurop Amd (Kapuskesmas Prafi), dr Rumondang Naibaho (dokter RS Pratama), Master Sirait,S.R.(Plt Kepala Kampung Desay), dan Niko Kamodi (tokoh masyarakat).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 25 sampai dengan 27 November 2020 ini, dipimpin langsung Dandim 1801/Mkw Kolonel Arm Airlangga.

Dikatakan Dandim, kegiatan ini merupakan Program Satuan yang rutin dilaksanakan setiap tahun sekali, dengan tujuan meningkatkan Wawasan, Kemampuan dan Ketrampilan seluruh anggota Satuan Teritorial, khususnya Prajurit Kodim 1801/Mkw, dengan memberikan materi Metode Binter, 5 Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial, Sisrendal Binter, Proxy War Pencegahan Covid-19, Kesehatan Lingkungan dan Netralitas TNI.

“Menghadapi tantangan kedepan yang akan dihadapi, seorang Aparat Teritorial harus mempunyai kepekaan terhadap perkembangan situasi di wilayah, terutama dalam melakukan deteksi dini dan cegah dini permasalahan yang terjadi agar tidak semakin meluas. Kegiatan Apkowil yang dilaksanakan ini untuk menciptakan kualitas Aparat Teritorial yang mumpuni serta mampu menguasai wilayah binaanya,” kata Dandim.

Mengusung tema “Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar Kita Tingkatkan Profesionalisme Apkowil dalam Mengimplementasikan Kegiatan Binter pada Tatanan Kehidupan Baru”, melalui kegiatan ini Dandim berharap profesionalisme dalam aktifitas kerja sebagai prajurit TNI, tidak semata-mata sekadar teori.

“Praktek di lapangan juga ikut berperan besar dalam menunjang keberhasilan setiap tugas pokok dan fungsi,” kata Dandim.

Airlangga juga mengatakan, personel Kodim 1801/Mkw diharapkan bisa meningkatkan kemampuan sebagai aparat komando kewilayahan dalam Aplikasi Program di lapangan.

“Nantinya kegiatan tersebut bisa membentuk Ruang Juang, Alat Juang, Kondisi Juang yang Tangguh serta Kemanunggalan TNI dengan rakyat,” pungkasnya. **

Berita lain untuk anda