Sampah di Pantai Lampu Satu Merauke yang dibersihkan Kapolres Merauke dan aggotannya. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Mengenai kebersihan di Pantai Lampu Satu Merauke, menurut Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji perlu dibuatkan peraturan khusus.

Semua pihak punya kewajiban mengawasi dan menjaga pantai agar tetap bersih. Diberikan denda kepada warga yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya.

“Denda itu kita kerja sama dengan Pemda. Misalkan dibuang dengan sengaja, kena denanya,” ucap Kapolres usai bersih-bersih bersama ratusan anggotanya, Jumat (13/11/2020).

AKBP Untung mengatkan, kebiasaan buruk masyarakat dalam membuang sampah perlu ditegakkan dengan aturan hukum, supaya memberikan efek jera.

“Bukan hanya rasa takut tapi dia punya kesadaran bahwa tidak pantas membuang sembarangan merusak lingkungan hidup,” tandasnya.

Jika sudah paten akan kebersihannya, Pemda setempat bisa menambahkan fasilitas pendukung lainnya yang bisa dipakai pengunjung. Pantai akan menjadi destinasi wisata yang bisa menambah income baik untuk warga sekitar maupun Pemda setempat.

“Seyogyanya pantai ini punya nilai jual, tapi kalau kondisinya kotor, saya pikir kurang sedap dipandang mata. Kita sebagai warga Merauke harus menjaga pantai ini terlihat bagus dan layak untuk didatangi.” pungkas AKBP Untung.

Berita lain untuk anda