Jurnalis Teropongnews (paling kiri), dan para pemenang LKTJ 2020 SKK Migas.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG  –  Tantowi Djauhari, jurnalis Teropongnews.com, portal media online di Kota Sorong Papua Barat, berhasil menyabet tiga nomor sekaligus dari 2 kategori dalam  Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ) 2020 yang digelar Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas) Perwakilan Papua Maluku.

Dari pengumuman pemenang LKTJ 2020 yang diselenggarakan bersama Lembaga Pengembangan Pers Dokter Soetomo (LPDS) pada Kamis (19/11/2020) siang, Tantowi Djauhari menyabet Juara I pada Kategori Penulisan Karya Jurnalistik Feature (Kategori I) dengan judul karya; Menembus Batas Wilayah di Tengah Pandemi Covid-19.

Baca juga: https://teropongnews.com/2020/07/menembus-batas-wilayah-di-tengah-pandemi-covid-19/

Tulisan feature yang berkisah tentang kebijakan Pemerintah Kota Sorong di awal merebaknya pandemi Covid-19 ini, juga mendapatkan Juara Harapan I di kategori yang sama.

Sementara untuk Juara II dan III, di raih Wahyudi dari Lembaga Penyiaran Publik RRI Sorong dan Syarafudin Pattisahusiwa, portal media online beritabeta.com, Ambon.

Sementara di Kategori II (Jurnalis Teraktif Menulis Kegiatan Hulu Migas), Tantowi Jauhari yang mengikutkan dua karya jurnalistik feature-nya ini mendapatkan Juara Harapan I dengan judul karya; Mbok Munaji dan Setitik Kasih di Tengah Pandemi Corona.

Baca juga: https://teropongnews.com/2020/07/mbok-munaji-dan-setitik-kasih-di-tengah-pandemi-corona/

Posisi Juara I, II dan III di Kategori II ini adalah Bustam, jurnalis klikpapua.com Manokwari, James Ayal (AntaraNews, Ambon) dan Simon Lolonlun (dharapos.com, Tanimbar).

Sementara untuk Kategori III (Media), portal media Teropongnews.com mendapatkan Juara Harapan I sebagai media  teraktif dalam menayangkan berita-berita seputar kegiatan hulu migas. Juara I, II dan III di kategori ini adalah Media AntaraNews, DharaPos dan Klik Papua.

Galih W. Agusetiawan, Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Papua Maluku menjelaskan, jumlah karya tulis yang  ikut dalam LKTJ 2020 SKK Migas ini, untuk Kategori I sebanyak 44 feature. Sedangkan untuk Kategori II, jumlah wartawan yang terlibat dalam penilaian ini sebanyak 102 jurnalis, dan jumlah media yang masuk ke meja panitia di Kategori III, sebanyak 102 media.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh rekan-rekan sahabat jurnalis yang sudah terlibat dalam kegiatan ini. Kalau melihat dari banyaknya tulisan yang masuk, jumlahnya belum sebanding dengan banyaknya wartawan yang tercatat sebagai Sahabat Jurnalis SKK Migas Pamalu, yang mencapai 280 wartawan,” kata Galih.

Dia berharap dalam kegiatan serupa yang akan dilaksanakan tahun depan, jumlah sahabat jurnalis SKK Migas yang terlihat bisa lebih banyak lagi.

Dalam pengumuman pemenang LKTJ 2020 yang dilakukan secara virtual ini, selain diikuti Direktur Eksekutif LPDS, Hendrayana SH dan para Sahabat Jurnalis SKK Migas di Papua dan Maluku, SKK Migas juga menghadirkan dua narasumber untuk menyampaikan materi terkait media.

Ahmad Djauhar dan Winarto dari Dewan Pers, hadir untuk menyampaikan materi terkait Verifikasi Perusahaan Pers dan Pendataan Pers.

“Momentum seperti ini, semoga bisa menjadi stimulus rekan-rekan jurnalis untuk menghasilkan karya tulis yang baik, benar dan berkualitas,” kata Hendrayana. **

Berita lain untuk anda