Proses uji coba buah pinang yang diolah menjadi sabun cair. Foto Nes.

TEROPONGNEWS.COM, SENTANI- Edmon Karuway anak mudah Papua yang berasal dari Kabupaten Jayapura berhasil menciptakan Inovasi baru yakni, pembuatan sabun berbahan dasar buah Pinang dalam bentuk sabun cair.

Inovasi pemudah Kabupaten Jayapura satu ini, cukup menyita perhatian sejumlah pihaki di tanah Papua terlebih khusus Kabupaten Jayapura.

Setelah Edmon Karuway pemudah yang sehari-harinya bekerja sebagai pegawai Badan Pendapatan Daerah (BAPPEMDA) Kabupaten Jayapura itu mencoba keahliannya dengan membuat sabun cuci dan sabun mandi berbahan dasar Pinang dan jeruk.

“Selama masih ada kegiatan rumah tangga yang berhubungan langsung dengan sabun dan kebutuhan primer sehari-hari, disitulah membuat saya untuk mencoba menggunakan pinangvdan ceruk,“ ujarnya, Senin (30/11/2020).

Latar belakang dirinya terdorong untuk menciptakan sabun berbahan dasar pinang adalah karena melihat pola konsumtif orang papua, sehingga dalam menyiptakan inovasi baru maka anak mudah Papua lebih produktif.

“Menicipatakan sabun ini, disisi lain saya berpikir dalam membuka Home Industri saya juga bisa merangkul teman-teman lain yang belum memiliki pekerjaan untuk bersama-sama kita mengembangkan ini kedepan,” yerangnya.

Kata Karuway, dari hasil uji coba pertama mereka berhasil membuat sebanyak 25 liter sabun cair dan telah dikemas di botol 250 mili liter, sebanyak 20 botol, dan kemasan standing poots atau kemasan revil isi ulang sebanyak 50 botol dan sudah langsung di pasarkan.

“Sudah langsung dipesan yang pertama ambil anggota DPRD Kabupaten Jayapura, terus kita juga sudah bertemu dengan ibu sekda dan sekda mendukung apa yang di lakukan oleh anak-anak mudah Papua di Kabupaten Jayapura,“ tuturnya .

Pihak pemerintah daerah Kabupaten Jayapura melalui Sekretaris Daerah ibu. Hana Hkoyabi telah mengarahkan anak mudah kabupaten Jayapura ini untuk bertemu Dinas Peridakop dan UMKM Kabupaten Jayapura untuk selanjutnya ditindak lanjuti hasil inovasi Edmon karuway dan kawan-kawan .

Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Wagus Hidayat mengapresiasi terobosan Inovasi anak mudah Kabupaten Jayapura ini, yang telah menciptakan sabun berbahan dasar Extrak pinang dan bahan dasar kimia lainya .

“Sabun yang dicipatakan sangat luar biasa hasilnya hanya beberapa kali usapan dan dua kali bilas hasilnya kelihatan cemerlang, tidak kala dengan sabun-sabun lainnya telah di produksi oleh merek-merek terkenal,“ Imbuhnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa, Wagus Hidayat berharap kedepan hak Intelektual atau hak cipta Edmon Karuway ini bisa dipatenkan dan dokumen surat-surat perijinannya bisa segara diterbitkan. “Salut buat saudara edmon, teruslah berinovasi untuk anak Negeri,” tegas Wagus Hidayat.

Ketua Fraksi Bhineka Tunggal Ika ini bahkan memintah kepada Pemerintah Daerah bisa segera untuk membantu dan mengedukasi kepada seluruh anak negeri agar bisa berinovasi dan inovatif lebih cemerlang, suport Pemkab Jayapura sangat diharapkan.

Berita lain untuk anda