Rakerda Bupati/ Wali Kota bersama Satgas Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Provinsi Papua Barat tahun 2020 di Ballroom Aston Niu Manokwari, Rabu (4/11/2020). Foto : Ist

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI– Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan mengintruksikan beberapa point tentang penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi daerah kepada para Bupati/ Wali Kota dalam rapat kerja daerah di Ballroom Aton Niu Manokwari,Rabu (4/11/2020)

Rapat kerja daerah Bupati/ Wali Kota yang berlangsung secara virtual ini mengusung tema “Aksi daerah terhadap pengurangan resiko COVID-19 dan pemulihan ekonomi daerah serta sosial universal di Provinsi Papua Barat”

Saat menyampaikan sambutannya Dominggus Mandacan minta para Bupati/ Wali Kota, satgas penanganan COVID-19, satgas pemulihan ekonomi dan sosial universal Provinsi Papua Barat agar seimbang dalam mengendalikan penyebaran corona dan pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19.

Dikatan orang nomor satu di Provinsi Papua Barat ini bahwa, pemerintah akan terus mengembalikan rasa aman pada masyarakat untuk beraktivitas diluar rumah sebagaimana biasanya.

“Harapan pemerintah ini dapat diwujudkan apabila masyarakat dapat mematuhi disiplin protokol kesehatan, karena pemerintah menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi daerah dipengaruhi oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) oleh karena itu pemerintah terus memberikan perhatian terhadap sektor ini” ungkap Gubernur.

Karena itu gubernur menginstruksikan 9 point yang para kepala daerah dan satgas penanganan COVID-19 yaitu, segera melaksanakan dan mengendalikan implementasi kebijakan strategis yang berkaitan dengan penanganan COVID-19.

Menyelesaikan permasalahan pelaksanaan kebijakan strategis yang berkaitan dengan penanganan COVID-19 secara cepat dan tepat. Optimalkan fungsi layanan dasar kesehatan masyarakat seperti puskesmas dan posyandu masyarakat mendapatkanm pelayanan rapidn tes serta masker.

Melakukan pengawasan pelaksanaan kebijakan strategis yang berkaitan dengan pengendalian corona virus disease 2019.

Kemudian Gubernur juga menginstruksikan kepada satgas pemulihan ekonomi dan sosial untuk menyusun rekomendasi kebijakan strategis dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 serta pemulihan ekonomis daerah

Mengintegrasikan dan menetapkan langkah-langkah pelaksanaan kebijakan strategis dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 serta pemulihan ekonomis daerah. Selain itu melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan strategis.

Memulihkan stabilitas ekonomi provinsi Papua Barat secara nasional tetap bertumbuh positif dan menjaga daya beli masyarakat agar tetap terkendali.

“Inflasi terus terjaga walaupun saat ini kita kita sedang menghadapi pandemi COVID-19 yang sangat akut dan mengkhawatirkan” pesan Gubernur Papua Barat.

Berita lain untuk anda