Ikan Mujair dan Nila Program Ketabahan Pangan Lantamal XI Dipanen

Ikan Mujair dan Nila hasil budi daya Lantamal XI Merauke. Foto-ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke menggelar kegiatan panen raya ikan mujair dan nila yang merupakan program ketahanan pangan Lantamal XI bekerja sama dengan Yonmarhanlan XI yang telah dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19 di kolam ketahanan pangan Yonmarhanlan XI.

Ini merupakan hasil panen kali pertama sejak awal budidaya dan kini ikan berumur kurang lebih 4 bulan, siap panen. Pembudidayaan ikan mujair dan nila tersebut dilakukan untuk mengganti bahan pangan non beras serta sebagai upaya untuk mengatasi kelangkaan dan meningkatkan bahan pangan prajurit dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 khususnya di Wilayah Merauke.

“Umur ikan ini sudah empat bulan dan sudah bisa dipanen. Kita budi dayakan sejak ada Pandemi Covid-19 untuk ketahanan pangan,” ujar Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Budi Purnama S.Pi., M.Agr, Sabtu (21/11/2020).

Ia menyampaikan rasa bangga atas jerih payah dan usaha yang dilakukan prajurit Lantamal XI dan Yonmarhanlan XI yang tengah membuahkan hasil.

Selain mudah, pemeliharaan ikan di Merauke sangatlah mudah. Apa lagi dilakukan dengan telaten, pasti hasilnya memuaskan.

Danyonmarhanlan XI Letkol Marinir Ronny Antonius Purba, Kadispotmar Lantamal XI dan Dandenma Lantamal XI, juga ikut menyaksikan panen perdana tersebut.