Ketua Umum Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua, Yanto Eluay

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Ketua Umum Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua, Yanto Eluay mengungkapkan terima kasih kepada Panglima TNI Marsekal TNI DR (HC) Hadi Tjahjanto, S.IP, atas kepercayaannya memberikan jabatan strategis dan juga memberikan promosi jabatan bintang tiga di TNI AD kepada salah satu putra asli Papua Mayjen TNI Herman Asaribab.

Yanto Eluay yang juga Tokoh Papua ini mengatakan, promosi jabatan ini suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat asli Papua.

“Sehubungan dengan adanya rolling di pucuk pimpinan TNI di Papua dalam hal ini Pangdam XVII/Cenderawasih, dimana pak Mayjen TNI (Herman) Asaribab diganti atau mendapat promosi jabatan Wakasad, pertama atas nama tokoh adat ya, kami memberikan ucapan terima kasih kepada pimpinan TNI dalam hal ini bapa Panglima TNI,” kata Yanto Eluay kepada awak media di Pendopo Igwa-igwa Ondikeleuw Haleufoiteuw Hele Wabhouw, Jalan Bisteur Pos, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (21/11/2020) sore.

“Yang mana, telah mempercayakan salah satu putra Indonesia asli Papua menjadi Wakasad dan dari sisi kepangkatan mendapat kenaikan pangkat bintang tiga atau Letjen TNI. Ini kita ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Panglima TNI dan bapak Presiden RI, di mana mempercayakan jabatan-jabatan strategis TNI di tingkat pusat kepada salah satu putra asal Papua yakni, Mayjen TNI (Herman) Asaribab.

Dengan demikian, kami sangat menghargai, sangat mengapresiasi atas kepercayaan promosi jabatan itu,” sambungnya.


Ondofolo Kampung Sereh itu mengatakan, kepada Pangdam XVII/Cenderawasih yang baru Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, pihaknya berharap ada kerjasama dengan semua elemen, semua unsur dan juga semua stakeholder yang ada di Papua, dalam rangka menjaga Papua terus damai, menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Kami harap pa Pangdam yang baru ini bisa lebih tegas menjaga kedaulatan bangsa di Papua ini. Ada pihak-pihak atau unsur-unsur (kelompok) yang masih terus membuat situasi dan mengganggu stabilitas keamanan dari sisi politik itu, kami mohon kepada Pangdam yang baru ini ada ketegasan. Mari kita menjaga persatuan dan kesatuan di Papua dalam NKRI,” papar Yanto Eluay menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Letkol Arm. Reza Nur Patria dalam rilisnya yang diterima wartawan media online ini menjelaskan, pergeseran dan promosi jabatan dalam institusi TNI merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh pimpinan TNI kepada prajurit yang memiliki kinerja dan prestasi yang menonjol.

“Jadi promosi jabatan ini merupakan suatu penghargaan yang diberikan pimpinan kepada prajurit yang memiliki kinerja dan prestasi yang menonjol,” ujarnya melalui rilis yang diterima wartawan media online ini, Sabtu (21/11/2020) sore.

Untuk diketahui, Mayjen TNI Herman Asaribab merupakan Perwira Abituren Akabri Angkatan 1988 pertama yang mendapatkan promosi jabatan bintang tiga di TNI AD. Kemudian untuk jabatan Pangdam XVII/Cenderawasih selanjutnya akan diserahterimakan kepada Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono yang saat ini menjabat sebagai Dansecapaad di Bandung, Jawa Barat.

Dengan adanya promosi jabatan sebagai Wakasad, Mayjen TNI Herman Asaribab akan mendapat kenaikan pangkat bintang tiga atau Letjen TNI. (Nesta)

Berita lain untuk anda