Konsultan politik PMK2 Jilid2, Syamsudin Seknun, mempresentasikan hasil survey yang dilakukan LP3N terkait Pilkada Kabupaten Teluk Bintuni, Selasa (15/11/2020). (Foto:Tantowi/TN)

TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Persentase kemenangan Petrus Kasihiw – Matret Kokop (Piet-Matret) dalam pilkada Teluk Bintuni, tercatat sebesar 58,81 persen. Sedangkan Ali Ibrahim Bauw – Yohanis Manibuy (AYO), jauh tertinggal di angka 29,52 persen, dan warga yang masih merahasiakan pilihannya sebesar 11,67 persen.

Demikian hasil survey yang dilakukan Lembaga Pengkajian, Pendidikan Pembangunan Nusantara (LP3N) Papua Barat di Kabupaten Teluk Bintuni, pada rentang waktu 2 sampai 16 Oktober 2020. Jumlah responden yang menjadi obyek survey ini sebanyak 420 orang, yang tersebar di 24 distrik.

Muhdar Ikhsan Weul, Direktur LP3N menegaskan, persentase hasil survey itu sangat mungkin berubah, dengan posisi kemenangan Piet-Matret mendekati angka 70 persen. Pasalnya, survey dilakukan sebelum kandidat petahana ini melakukan safari kampanye, baik di area kota, wilayah pegunungan maupun kawasan pesisir.

“Berdasarkan pengalaman survey yang kami lakukan, perubahan dengan angka kemenangan yang jauh lebih besar, itu yang sangat mungkin terjadi. Dengan hasil survey yang kami rilis hari ini, selisih suara Piet-Matret dengan AYO, sebesar 29,29 persen. Ini yang tidak mungkin terkejar di sisa waktu pencoblosan yang tinggal beberapa hari lagi,” kata Muhdar Ikhsan Weul, saat meliris hasil survey Pilkada Teluk Bintuni, Selasa (17/11/2020).

Alasan utama masyarakat masih menginginkan Piet-Matret untuk memimpin Teluk Bintuni periode kedua, karena kandidat petahana ini sosok yang amanah, jujur dan berintegritas. Alasan ini porsinya mencapai 65,48 persen.

Sedangkan karena alasan Berpengalaman di Pemerintahan, sebesar 25,48 persen dan alasan Menyenangkan Dalam Tingkah Laku, diangka 2,86 persen.

“Yang masih memilih Piet-Matret untuk periode kedua tapi merahasiakan alasannya, sebanyak 6,19 persen,” urai Muhdar.

Menanggapi hasil survey itu, Robert Manibuy, mantan anggota DPRD Teluk Bintuni dua periode menyatakan, Pilkada Bintuni mau dilaksanakan hari ini atau awal bulan depan, hasilnya tidak akan berubah.

“Kemenangan Piet-Matret sudah ada di depan mata. Mau dilakukan pemilihan hari ini atau 9 Desember , tetap kita yang akan menang. Untuk itu saya ingatkan, mari kita jaga sampai dengan hari H. Yang belum bergabung dengan PMK2 menuju Jilid2, ayo merapat. Masih ada waktu,” kata Robert, dalam orasi politiknya di posko Pemenangan PMK2 Jilid2 di SP 4 Jalur 8, Kelurahan Banjar Ausoy Distrik Manimeri, Selasa (17/11/2020) malam.

Berita lain untuk anda