Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate melaksanakan kegiatan Pembinaan Underwater bagi Rescuer, yang digelar di gedung serba guna Basarnas Ternate, Kamis (19/11/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, M Arafah mengatakan, pembinaan sangat penting, sebagai rangkaian kegiatan untuk menyiapkan personil Basarnas, untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

“Pembinaan yang kami lakukan, untuk meningkatkan kesiapan para rescuer Basarnas Ternate, dalam pelaksanaan Operasi SAR. Ini penting, agar dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,” katanya kepada wartawan, di Ternate, Jumat (20/11/2020).

Menurut dia, kegiatan pembinaan ini akan dilakukan secara bergilir terhadap seluruh personil Basarnas.

“Untuk saat ini pembinaan hanya diberikan kepada 8 orang personil rescuer saja, yang berasal dari Basarnas Ternate. Mereka adalah personil Pos SAR, Unit Siaga SAR dan ABK kapal,” ujar Arafah.

Menurut dia, pada hari pertama hanya diberikan materi saja, namun pada hari berikutnya, akan dilakukan praktek langsung, di kolam Bobane Ichi dan aplikasi di pantai Falajawa Ternate.

“Jadi, instrukturnya sebanyak 3 orang, yang berasal dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Maluku Utara,” tandas dia.

Berita lain untuk anda