Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro saat memeriksa pasukan pada Apel Siaga Bencana di Lapangan Kantor Bupati Gunung Merah Sentani


TEROPONGNEWS.COM, SENTANI – Mengantisipasi dampak extrim badai Elnina, Pemkab Jayapura gelar Apel Gabungan Siaga Bencana yang dipimpin oleh Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro yang diikuti oleh Aparat Gabungan TNI/Polri , BPBD Kabupaten Jayapura, Bazarnas serta Satpol PP.


Mengantisipasi cuaca ekstrim dan badai Elnina yang terjadi beberapa waktu belakangan ini yang mengancam wilayah Papua apalagi seputaran pesisir pantai, sehingga dengan apel siaga ini pemerintah daerah dan aparat keamanan telah memberikan signal waspada kepada masyarakat yang berada di jalur bencana ” Apel ini adalah kita untuk memberikan signal kepada semua kepada keluarga minimal bahwa ada cuaca ekstrim yang kita waspadai ” katanya saat pimpin apel Siaga Bencana Kamis, 12 November 2020.


Apel siaga ini tidak hanya mengadakan bagaimana mewaspadai bencana Alam yang akan terjadi tidak hanya di Kabupaten Jayapura tetapi juga di lakukan oleh Kota Jayapura, dan Papua pada khususnya terutama masyarakat yang berdomisili di pesisir pantai dengan adanya gelombang tinggi “di dataran juga kita berharap waspada dengan curah hujan yang tinggi, semoga bencana yang lalu menjadi pelajaran buat kita bisa lebih siaga menghadapi bencana “ujarnya .

Kapolres Jayapura AKBP. Viktor Dean Macbon, SH. S.IK, M.Si,.M.Hum menegaskan mengantisipasi dampak cuaca ekstrim yang terjadi dalam bulan ini dalam mengantisipasi yang mengancam bencana alam, seperti badai Elnina sehingga sebagai wakil pemerintah menyikapimenyiapkan personil sarana prasarana di Kabupaten Jayapura ” jadi ini kegiatan yang terkoordinir oleh Polda tapi dilaksanakan oleh Polresta dan Polres Jayapura , kenapa apel di Kabupaten Jayapura karena kita punya pengalaman kurang lebih satu setengah tahun yang lalu kita menghadapi Banjir bandang di Kabupaten Jayapura ” Jelas Kapolres AKBP.Viktor Dean Makbon.


Kapolres menyampaikan tidak menutup kemungkinan hal seperti bencana alam pasti terjadi tetapi sebagai manusia harus menyiapkan diri dan menjaga alam dari dampak bencana alam”ini tidak hanya apel kesiagaan kedepannya kami lakukan simulasi kesiapan karena kita tidak tahu kapan bencana alam datang hadir di tempat kita namun kita berdoa bersama untuk mencegah, bersama dinas terkait ” tandasnya.

Apel Siaga bencana Alam tersebut juga di awali pemerikasaan pasukan oleh Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro Kasat Brimob Polda Papua , Kombespoldan Kapolresta Jayapura AKBP. Gustaf Urbinas dan Kapolres Jayapura AKBP. Viktor Dean Makbon, diikuti oleh Satuan dari Polda Papua, Pol Air, Brimob , Polresta Jayapura Kota, dan Polres Jayapura, Bazarnas dan BPBD Kabupaten Jayapura.(Nesta)

Berita lain untuk anda