Pembukaan Muscab 1 ALFI Merauke ditandai dengan pemukulan Kandara. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Musyawarah Cabang 1 Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Indonesian Logistics and Forwarder Association (ILFA) akhirnya digelar Rabu (4/11/2020) dengan tema ‘Mewujudkan sistem logistik yang kompetitif dengan meningkatkan profesional SDM.’

Muscab perdana ini sekaligus pemilihan Ketua ALFI Merauke serta menghimpun masukan dan saran guna mendukung kerja ALFI ke depan agar semua anggota dan pengurus cabang lebih profesional, modern dan berintelektual guna menjawab tantangan kerja-kerja selanjutnya.

Plt Ketua Dewan Pengurus Cabang ALFI Merauke, Kuncoro Iskandar mengaku, sangat bersyukur Muscab pertama di Merauke dapat terlaksana. Program ini merupakan langkah awal karena Merauke mendapatkan perhatian serius dalam bidang Tol Laut, dan belum lama ini telah ada kunjungan dari Tim Khusus Staf Kepresidenan untuk menindaklanjuti aksi demonstrasi para petani Merauke terkait masalah beras.

“Di sini kami ALFI, ILFA siap mendukung dengan mempersiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan yang diprogramkan oleh Pemerintah pusat,” ucap Kuncoro di Halogen Hotel Merauke.

Seperti diketahui, penyerahan beras Merauke hingga kini belum maksimal. Melalui Timsus Kepresidenan, Merauke diberikan kuota 30 kontainer penyeraban beras untuk dibawa keluar Merauke.

Apa bila itu tercapai, selanjutnya akan dinaikan 50 kontainer pada bulan berikut. Bahkan, Pempus telah berjanji bahwa di tahun 2021 akan dibuka tol laut ke Papua Barat. Sehingga seraban beras petani Merauke akan lebih maksimal.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah ALFI Provinsi Papua, Yoseph Fonataba menyampaikan apresiasi atas terselenggarakan Muscab untuk mendukung program pemerintah di Kabupaten Merauke.

“Teman-teman Pengusaha Jasa Transportasi (PJT) kita bersaing secara sehat, bekerja sama dengan baik sehingga ALFI diakui oleh Pemerintah,” pinta Yoseph dalam arahannya.

Ketua Dewan Pengurus Pusat ALFI, diwakili Bidang Organisasi ALFI Pusat, Teguh Siswanto, menyebut ALFI berada di 34 provinsi dan 3.412 juta anggota. ALFI Merauke diajak mampu bersaing di era digital dan tidak kalah saing dengan pengusaha asing.

“Jangan ketinggalan sama pengusaha asing. Terus meningkatkan profesionalisme dan SDM,” pungkasnya.

Kegiatan Muscab ditutup setelah terpilihnya Abi Bakri Alhamid sebagai Ketua ALFI Cabang Merauke periode 2020-2025.

Berita lain untuk anda