Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. Foto istimewa.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H, disebut-sebut masuk dalam bursa calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah, 16 Februari 1967 silam ini digadang-gadang akan menggantikan Kapolri Jend Pol.Idham Aziz yang akan memasuki masa purna Bhakti pada Januari 2021 mendatang.

Sebelum menjabat sebagai Kabaharkam Polri, Agus menjabat Wakapolda Sumatera Utara selama satu tahun pada 2017 dan kemudian diangkat dalam jabatan sebagai Kapolda Sumatera Utara pada tahun 2018.

Dikutip SindoNews.com, selain menjabat Kabaharkam Polri, saat ini Agus juga dipercaya menjadi Kepala Operasi Terpusat (Kaopspus) Kontinjensi Aman Nusa II-Penanganan Covid-19.

Tugas Agus bagaimana memastilan para Kasatgas 1-6, Kapusdalops, Kasetops, Kaposko, Kaminops, dan Kasubsatgas Opspus Kontinjensi membuat rencana kegiatan operasi pandemi Covid-19.

Agus merupakan lulusan Akpol 1989 yang memiliki segudang pengalaman di bidang reserse. Kariernya dimulai ketika dia menerima tugas di wilayah hukum Polda Sumut.

Dilansir dari mediasumutku.com, Indonesia Police Watch (IPW) mencatat setidaknya ada delapan nama yang disebut-sebut bakal masuk ke dalam bursa calon Kapolri atau Kepala Kepolisian RI.

Dari data IPW, delapan nama itu terdiri dari lima jenderal bintang tiga atau pangkat Komisaris Jenderal, dan tiga jenderal bintang dua atau pangkat inspektur jenderal. Mereka adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988 hingga lulusan tahun 1991.

Delapan nama itu adalah Wakil Kepala Kepolisian RI Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri Komisaris Jenderal Rycko Amelza, Kepala Badan Pemelihara Keamanan Komisaris Jenderal Agus Andrianto, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Juga Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sujana, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi, dan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Fadil Imran.

Berita lain untuk anda