Secara simbolis, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan menyerahkan paket bantuan bahan pokok makanan kepada masyarakat Teluk Bintuni, melalui lembaga keagamaan, di Gedung Serba Guna (GSG) Teluk Bintuni, Sabtu (14/11/2020). (Foto:Tantowi/TN)

TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan Sabtu (14/11/2020) siang mengakhiri kunjungan kerjanya ke Kabupaten Teluk Bintuni. Sebelum kembali ke Manokwari, pejabat nomor satu di Papua Barat ini menyerahkan berbagai bantuan untuk masyarakat tanah Sisar Matiti.

Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Teluk Bintuni, Gubernur Mandacan dan Ketua TP PKK Papua Barat menyerahkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Bahan Pokok Tahap II melalui lembaga keagamaan dan Bantuan Modal usaha sebagai stimulus bagi pelaku usaha mirko dan kecil.

Sedangkan Ny. Yuliana Mandacan, Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, menyerahkan bantuan bahan pokok dan peralatan memasak kepada masyarakat Teluk Bintuni, melalui TP PKK Kabupaten Teluk Bintuni.

Bantuan bapok yang diserahkan melalui lembaga keagamaan ini, diterima oleh 10 orang perwakilan tokoh agama. Dari agama Islam, diwakili oleh pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Teluk Bintuni, Ustadz Refideso, dari Katolik oleh Pastor John, Hindu oleh Made Cahya, Budha oleh Jhoni, GBI oleh Pdt. R. Soway, GBT (Pdt Misradi), GPDP (Pdt. N. Rumayomy dan Klasis GKI oleh Pdt. Awi.

“Bantuan bapok yang kami serahkan melalui lembaga keagamaan ini, untuk para janda, duda, yatim piatu dan masyarakat kurang mampu. Jangan di lihat secara nilai, tapi inilah bentuk kepedulian pemerintah provinsi di tengah pandemi Covid-19 ini,” kata Gubernur Mandacan.

Sementara untuk bantuan modal usaha sebagai stimulus terhadap pelaku usaha mikro dan kecil, jumlah penerima bantuan yang ada di KabupatenTeluk Bintuni sebanyak 350 orang. Sedangkan jumlah total yang menerima bantuan itu di Provinsi Papua Barat, sebanyak  4.658 orang. Setiap orang mendapatkan bantuan stimulus sebesar Rp 2 juta, yang langsung di transfer ke rekening bank.

“Kami bekerjasama dengan Bank BNI untuk menerbitkan rekening bantuan ini. Secara simbolis, hari ini akan diserahkan untuk 5 orang penerima . Tolong bantuan ini digunakan sebaik-baiknya untuk modal, usaha agar bisa berkembang. Jangan sampai barang habis, modal juga habis,” tandas Gubernur.  

Gubernur Dominggus Mandacan didampingi sejumlah pejabat di Pemerintah Provinsi Papua Barat, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Teluk Bintuni sejak hari Kamis (12/11/2020). Tiba di Bintuni pada Kamis malam, Gubernur meresmikan pembangunan ruas jalan dan melakukan pemancangan pertama tiang jembatan di Kali Meyof, Distrik Merdey pada Jumat (13/11/2020).

Sebelum kembali ke Manokwari, Gubernur Papua Barat menyerahkan bantuan bahan pokok makanan dan bantuan stimulan untuk pengusaha mikro dan kecil, yang dipusatkan di GSG Teluk Bintuni.

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan bersama Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat dan Ketua serta pengurus TP PKK Kabupaten Teluk Bintuni, usai penyerahan bantuan bahan pokok untuk masyarakat. (Foto:Tantowi/TN)

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat Ny. Yuliana Mandacan juga menyerahkan bantuan bahan pokok kepada masyarakat Teluk Bintuni, melalui TP PKK Teluk Bintuni. Bantuan ini diterima langsung oleh Pjs Ketua TP PKK Teluk Bintuni, Ny. Mina Amida Rumbino, istri Pjs Bupati Teluk Bintuni.

Selain bantuan Bapok, TP PKK Teluk Bintuni juga mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan bantuan peralatan masak sebanyak 20 paket, dari TP PKK Provinsi Papua Barat.

“Bantuan bapok dari provinsi ini, akan kami serahkan ke masyarakat bersamaan dengan paket bantuan bapok dari TP PKK Teluk Bintuni. Jadi kalau ditotal, semuanya berjumlah sekitar 250 paket,” kata Ny. Laras, Bendahara TP PKK Teluk Bintuni. **

Berita lain untuk anda