Wagub: Calon Walikota Makassar Harus Miliki Solusi Atasi Masalah di Masyarakat

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meminta calon Walikota Makassar, untuk dapat menghadirkan solusi-solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat seperti, akses jalan, kebutuhan listrik dan air minum.

Andi Sudirman Sulaiman menilai, beberapa persoalan itu ada wilayah kepulauan seperti, Pulau Lakkang, Samalona, Lae-Lae dan wilayah kepulauan lainnya di Makassar, baik dari segi ketersediaan listrik, air minum, dan akses jalan masih kurang.

“Ini harus menjadi perhatian calon Walikota Makassar, diantaranya dengan membuat UPTD khusus, untuk memastikan listrik stabil dengan jaringan kabel bawah laut atau listrik bawah laut (submarine power cable installation) untuk wilayah kepulauan. Memperhatikan persoalan diseminasi teknologi Arsinum (Air Siap Minum), teknologi ini mampu mengubah air payau menjadi air siap minum serta lainnya,” ungkapnya kepada wartawan, di Makassar, Selasa (27/10/2020).

Menurut Andi Sudirman, Walikota terpilih nantinya perlu menyiapkan solusi, untuk mengatasi masalah banjir di beberapa titik di Kota Makassar.

“Perlu dibuat pompa dan perpipaan anti banjir di seluruh titik langganan banjir menuju kanal disertai pintu air, seperti di Antang atau yang di Kecamatan Wajo dll. Juga untuk mapping peta (pemetaan) saluran drainase, dan rehab tuntas untuk sistem drainase,” jelasnya.

Ia menambahkan perlunya dibangun akses untuk ruas jalan Tello-Pulau Lakkang sekitar 5 km.

“Pembangunan infrastruktur jalan harus terus dilakukan diantaranya dengan membuka akses ruas jalan Tello-Pulau Lakkang sekitar 5 km. Serta tentunya dibutuhkan pula program untuk pelayanan dokter keliling, bedah rumah kumuh serta persoalan pendidikan karakter akhlak generasi perkotaan,” tambahnya.

“Green investasi untuk sistem persampahan menjadi energi harus segera dilakukan, agar sampah dikelola dengan baik dan menghasilkan manfaat bagi masyarakat,” tandas Wagub.

Untuk diketahui, pada 9 Desember mendatang, pilkada serentak akan dilaksanakan pada beberapa daerah, di Provinsi Sulsel termasuk Kota Makassar.