Sekolah Restorasi Siapkan SDM Generasi Papua Handal

Anggota Komisi IV DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Papua, H. Sulaeman L. Hamzah. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sulaeman L. Hamzah mengharapkan, usai mengikuti sekolah restorasi, peserta mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, tidak harus mengantri untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dikatakan, saat ini ada banyak tamatan perguruan tinggi yang masih mengantri untuk menjadi PNS, karena tidak ada lapangan kerja.

Melalui sekolah restorasi yang berlangsung di Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah Merauke ini, diharapkan merubah mindset atau pola pikir generasi muda asli Papua agar mampu berperan dalam bidang kepemimpinan, public speaking, kewirausahaan, teknik lobby dan jurnalistik.

“Tujuan kita, bagaimana menciptakan adik-adik kita ini punya pola pikir, wawasannya lebih luas lagi, sehingga tidak ada pembiaran dan tidak harus mengantri untuk menjadi PNS,” ujar Anggota DPR RI Partai NasDem Daerah Pemilihan (Dapil) Papua, H. Sulaeman di Rumah Aspirasi Merauke, Sabtu (17/10/2020).

Wakil rakyat yang dikenal sangat bersahaja ini mengatakan, pemerintah tidak mungkin mengakomodir semua yang menginginkan jadi PNS dapat direkrut seluruhnya.

Untuk itu, melalui sekolah restorasi mereka dibentuk dan dipersiapkan SDM agar kelak dapat mandiri dan mampu bersaing, mampu ciptakan lapangan kerja dan tidak menganggur.

Pertemuan sekolah restorasi dilakukan sekali dalam sebulan dan diikuti peserta yang berasal dari Kabupaten Mappi, Boven Digoel, Asmat dan Merauke. Rata-rata adalah mahasiswa maupun tamatan SMA yang nantinya bagi peserta terbaik akan melanjutkan pendidikan di pusat.

Sekalipun sekolah lapang, namun peserta wajib mengikuti aturan, yaitu disiplin, proaktif dan pahami materi. Karena semua aktifitas dalam sekolah lapang ini diberikan secara gratis, disiapkan seragam dan konsumsi.