Pjs Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Agus Fatoni, menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Pengucapan Sumpah Janji Ketua DPRD Provinsi Sulut, di ruang paripurna DPRD Sulut, Kairagi Manado, Selasa (27/10/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MANADO – Pjs Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Agus Fatoni, menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Pengucapan Sumpah Janji Ketua DPRD Provinsi Sulut, di ruang paripurna DPRD Sulut, Kairagi Manado, Selasa (27/10/2020).

Wakil Ketua DPRD Sulut, Victor Mailangkay didampingi Wakil Ketua Billy Lombok dan James Kojongian, memimpin Rapat atas Pergantian Antar Waktu (PAW) Ketua DPRD Sulut (lama) periode 2019-2020, Andrei Angouw kepada Ketua DPRD Sulut yang baru periode Tahun 2020-2014, Fransiscus Andi Silangen dari PDI Perjuangan, lantaran Andrei Angouw maju sebagai calon Walikota Manado.

Asisten III Pemprov Sulut A. Gemmy Kawatu mengawali rapat dengan membacakan Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang Pemberhentian Andrei Angouw selaku Ketua DPRD Provinsi Sulut. Dilanjutkan dengan pembacaan pengangkatan serta pengambilan sumpah dan janji Fransiscus Andi Silangen selaku Ketua DPRD Provinsi Sulut, dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Manado H. Arif Supratman SH, MH, disaksikan Pjs. Gubernur Sulut Agus Fatoni.

Menurut Pjs. Gubernur Fatoni, rapat paripurna ini merupakan budaya demokrasi dalam rangka menjaga kesinambungan pimpinan DPRD.

Dikatakan, dalam Undang-Undang Pilkada telah jelas dinyatakan, bahwa salah satu syarat seorang calon Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah adalah harus memiliki pernyataan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota DPRD.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Sulawesi Utara, menyampaikan ucapan selamat mengemban amanah sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara Periode 2020-2024 kepada Bapak Fransiskus Andi Silangen,” kata Fatoni lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com.

“Kami, Pemerintah Provinsi dan masyarakat Sulawesi Utara mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Andrei Angouw atas totalitas pengabdian yang telah ditunjukan dan goresan tinta emasnya selama kurang lebih 6 tahun memimpin DPRD Provinsi Sulawesi Utara,” lanjutnya.

Fatoni berharap, DPRD dan pemerintah daerah mampu menyelenggarakan pemerintahan dengan baik, serta menunjukan kinerja yang optimal dalam mengawasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Provinsi Sulut, sesuai dengan visi misi pembangunan daerah.

“Oleh karena itu, peran pimpinan DPRD menjadi sangat penting, yaitu sebagai jembatan penghubung antara pemerintah daerah dan DPRD, dalam membawa dan mewujudkan masyarakat Sulut yang semakin maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sulut Andi Silangen optimis, dapat secara optimal melanjutkan tugas sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulut.

“Ini adalah tanggung jawab yang harus dikerjakan dengan sebaik-baiknya, sekaligus mengajak untuk meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan tugas kedewanan, serta dapat bekerja, dan bersinergi bersama-sama dengan Pemprov, untuk Sulut yang lebih hebat,” ucapnya.

Setelah dilantik, Silangen langsung melaksanakan tugasnya, memimpin lanjutan rapat paripurna.

Berita lain untuk anda