Edeltrince Jelita, seorang peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerma Upah (PPU)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – BPJS Kesehatan memanfaatkan media sosial berupa aplikasi Whatsapp guna memberikan pelayanan elektronik yang lebih mudah untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Melalui Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp atau disingkat PANDAWA, BPJS Kesehatan meminimalisir layanan tatap muka dengan peserta JKN-KIS namun peserta tetap dapat mengakses pelayanan administrasi dari rumah tanpa mengalami kendala.

“Kalau ada yang lebih mudah dan cepat namun pelayanan yang diterima sama, kenapa tidak dimanfaatkan. Saya sangat antusias dengan adanya layanan PANDAWA ini saat di informasikan kemudahannya.” ungkap Edeltrince Jelita, seorang peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerma Upah (PPU), Selasa (20/10).

Ia menambahkan, dengan adanya layanan PANDAWA dapat memberikan kemudahan peserta JKN-KIS mengakses pengurusan administrasi JKN-KIS hanya melalui smartphone tanpa perlu keluar rumah apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini.“Saya diinfokan juga layanannya tanggap dan cepat. Pastinya kedepannya kepengurusan administrasi JKN-KIS saya akan sangat dipermudah lewat layanan PANDAWA ini, sangat membantu ditengah pandemi seperti sekarang ini,” jelasnya kepada.

Untuk layanan yang diberikan pada layanan PANDAWA meliputi layanan administrasi bagi peserta diantaranya adalah pendaftaran baru bagi peserta PBPU, penambahan atau kurang anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, serta pengaktifan kembali kartu.

“Sudah saya baca dan serap informasi penggunaan layanannya, mudah saja hanya tinggal chatting dan ikuti instruksi, ternyata juga sama dengan yang didapati kalau ke Kantor BPJS Kesehatan, lewat PANDAWA ini lebih mudah dan tidak perlu keluar rumah,” tegasnya.

Sementara itu, layanan PANDAWA di wilayah kerja Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong dapat diakses melalui nomor 081247751731 untuk wilayah kerja Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Tambrauw dan Kabupaten Maybrat.

Berita lain untuk anda