Hari Kedua Operasi Zebra Mansinam 2020, 50 Pelanggar Kena Tilang

Pengendara motor saat terjaring razia operasi Zebra Mansinam 2020 di depan Bandara DEO Sorong. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Hari kedua pelaksana operasi zebra Mansinam 2020, Satlantas Polres Sorong Kota telah menjaring puluhan pengendara yang melanggar lalu lintas, Selasa (26/10/2020).

Pantauan media ini, para pengendara yang melihat aparat gabungan TNI-POLRI sedang melakukan razia dari jarak jauh langsung memutar balik kendaraan mereka, dan terpaksa melawan arus agar terhindar dari razia.

Mereka yang melakukan tindakan berbahaya tersebut, sebagian besar tidak menggunakan masker dan tidak memakai helm. Kaur Bin Ops (KBO) Sat Lantas Polres Sorong Kota, Ipda Suparman mengatakan, pada razia hari kedua ini terdapat 50 pengendara.

“Operasi zebra ini sudah dimulai tanggal 26 Oktober dan akan berakhir pada 8 November 2020 atau 14 hari. Hari kedua ini yang paling banyak kendaraan yang kita tilang, kurang lebih 50 kendaraan yang terdiri dari 4 unit kendaraan roda 4 dan sisan kendaraan roda 2,”jelas Ipda Suparman di sela-sela Razia.

Suparman mengatakan, sasaran yang ditegakkan pada operasi Zebra Mansinam 2020 yakni pengendara di bawah umur, berkendara dalam keadaan mabuk, plat nomor tidak sesuai peruntukkannya, dan tidak memakai helm.

“Pada saat diperiksa pengendara tersebut tidak membawa SIM dan STNK akan kita tilang. Kita juga melibatkan TNI AL dan TNI AD pada razia ini, ” tegas Suparman.

Untuk pelaksanaan operasi Zebra sendiri dilakukan secara berpindah-pindah, titik pertama dimulai di perempatan Maranatha, kemudian berpindah ke jalan jenderal Sudirman depan SMA 3 Kota Sorong, usaha mina, perempatan kuda laut, dan terakhir di depan Bandara DEO.

“Untuk penindakan tilang cuma 20 persen, sisanya secara preventif atau memberikan teguran, ” imbuhnya.

Disamping itu, selain melaksanakan operasi Zebra Mansinam 2020, Sat Lantas Polres Sorong Kota juga membagikan sembako dan masker kepada para pengendara.

“Karena masih dalam masa pandemi Covid-19 ini, kita juga sambil melakukan bakti sosial seperti membagikan masker dan sembako kepada pengendara, “pungkasnya.