Tiga Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Merauke saat mengikuti debat publik. Foto-Humas Polres Merauke/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tiga pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Merauke Pemilihan Tahun 2020 telah melakukan Debat Publik sebagaimana jadwal yang sudah ditentukan, Jumat (30/10/2020) di Swisbelhotel Merauke.

Tiga Paslon, nomor urut 1 Hendrikus Mahuze-Edi Santosa (HERMES), nomor urut 2, Heribertus Silvinus Silubun-Bambang Setiadi Sudji (HEBAT) dan nomor urut 3, Romanus Mbaraka-H.Riduwan (ROMARIN) telah beradu pendapat dan gagasan dengan tetap berpedoman pada ketentuan yang berlaku.

Debat pertama ini sesuai dengan tema mewujudkan pemerintahan yang efektif, bersih, demokratis, melalui penyelenggaraan pemerintahan yang transparansi, profesional, akuntabilitas, aspiratif dan partisipatif.

Sebelum debat dimulai kegiatan dibuka Ketua KPUD Merauke, Theresia Mahuze yang mengatakan bahwa 40 hari lagi pesta demokrasi akan dilaksanakan.

“Sebagai penyelenggara kami KPU telah bersumpah dan berjanji untuk menjalankan tugas sebagai penyelenggara secara transparan, profesional, berintegritas dan adil baik dalam pikiran dan perbuatan untuk mewujudkan Pilkada Kabupaten Merauke yang berkualitas,” ujar Theresia.

Debat Publik merupakan bagian dari tahapan kapanye, tujuannya untuk menyebarluaskan visi dan missi serta program kerja dari masing-masing pasngan calon kepada pemilih dan masyarakat. Serta memberikan informasi secara menyeluruh kepada pemilih sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan pilihannya.

“Saat ini, para calon bupati dan wakil bupati telah berada di depan bapak, ibu sekalian yang adalah merupakan sosok penting dan memiliki komitmen untuk berdedikasi dan memberikan pengabdi terbaik bagi Kabupaten Merauke,” ucapnya. Selamat menyaksikan, mengikuti, memahami dan menjadikan debat malam ini sebagai referensi anda untuk menentukan pilihan pada hari Rabu ,9 Desember 2020 nanti,” ucap Theresia.

Debat kali ini berbeda dengan pemilu sebelumnya, karena yang berada di dalam ruangan debat adalah komisioner KPU, perwakilan Bawaslu, para panelis, Paslon dan perwakilan tim. Masyarakat umum hanya boleh menyaksikan melalui virtual atau melalui Facebook KPU Merauke dan link meetingzoom yang sudah dishare.

Pelaksanaan tetap berpedoman pada protokol Covid-19, dalam durasi waktu 1 jam 90 menit. Berjalan aman dan lancar dan selanjutnya menunggu debat babak kedua dan ketiga, yakni 30 November dan 4 Desember.

Berita lain untuk anda