Suasana komunikasi pasangan HEBAT bersama pedagang Pasar Wamanggu Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Lebih mendekatkan diri dengan masyarakat pedagang di Pasar Wamanggu Merauke, Pasangan nomor urut 2 Calon Bupati dan Wakil Bupati Merauke Pilkada 2020, Heribertus Silvinus Silubun-Bambang Setiaji Sudji (HEBAT), Kamis (29/10/2020) blusukan di tengah pedagang.

Selain mempromosikan diri sebagai Calon Bupati dan Wabup, keduanya menjaring apa saja masukan, dan keluhan warga pasar, yang dihimpun untuk menjadi atensi ketika Hebat akan terpilih menjadi Bupati dan Wabup lima tahun mendatang.

“Kita juga ingin tahu soal tempat dan kios yang ada di dalam pasar. Ini penting, ketika saya dan Pak Bambang bisa jadi Bupati dan Wakil Bupati, kami bisa menyelesaikan persoalan-persoalan dan membuat kebijakan dalam membantu para pedagang,” tutur Heribertus Silubun, di Pasar Wamanggu.

Khusus pedagang asli Papua, Pasangan HEBAT sudah menyiapkan program untuk membangun pasar bagi mama Papua. Sebelumnya, kata Herry pada saat menjadi anggota DPRD Kabupaten Merauke, program ini sudah disuarakan sejak tahun 2010. Dan didorong lagi pada Pilkada 2015, namun belum ada kepedulian dari Pemkab setempat.

Jika dilihat potensi dan semangat pedagang asli Papua kian bertambah. Sehingga pemerintah wajib memberi tempat yang layak, guna mendorong kesejahteraan masyarakat asli.

Rencananya, pasar Mama Papua akan ditempatkan di sekitar Terminal Baru di Bloreb yang sementara ini dibangun pemerintah. Kata Herry, bangunan terminal identik berdampingan dengan pasar atau tidak terlepas dari aktifitas pedagang.

“Kalau kami terpilih, kita pastikan kita akan bangun dengan kawasan yang lengkap dan nyaman bagi orang asli Papua,” ucap Herry.

Dilihat dari situasi saat ini, pembangunan perumahan dan aktivitas masyarakat terus berkembang di wilayah Bloreo. Bisa dipastikan ketiak pasar dan terminal dibuka akan memberikan peluang bagi pedagang.

Sambil membagikan stiker yang memuat visi dan missi HEBAT, agar dapat dibaca dan diketahui pedagang sehingga diharapkan warga dapat tertarik menentukan pilihannya.

Selain itu, Herry dan Bambang menyebut, bahwa keduanya sudah punya persiapan untuk mengikuti debat publik atau debat kandidat yang sesuai jadwal akan dilaksanakan tiga babak, yakni 30 Oktober, 30 November dan 4 Desember besok.

“Kita biasa saja karena tema yang disampaikan oleh KPU sudah ada dalam visi dan missi kami. Yang perlu lebih dipersiapkan nanti pada proses tanya jawab,” ujar Hebat.

Tema yang disiapkan KPU bersama tim panelis yang akan dibahas dalam debat publik adalah, bagaimana terwujudnya tata kelola pemerintahan Kabupaten Merauke yang baik dan bersih, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di tengah Covid-19.

Sementara dalam visi HEBAT poin ke tujuh berbunyi, mewujudkan pemerintahan yang efektif, bersih, demokratis, melalui penyelenggaraan pemerintahan yang transparansi, profesional, akuntabilitas, aspiratif dan partisipatif.

Lanjut, rombongan mendatangi warga di Parako, terminal Pasar Baru dan beberapa titik lainnya.

Berita lain untuk anda