Asah Kemampuan Tempur Prajurit, Satkopaska Koarmada III Latihan Fast Rope

Prajurit Satkopaska Koarmada III saat turun dari helikopter dengan menggunakan tali (fast Rope) di Lapangan koarmada III. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Armada III melaksanakan latihan fast rope atau turun dengan menggunakan tali dari helikopter, Rabu (21/10/2020) di Lapangan Koarmada III.

Kegiatan Fast Rope yang dipimpin oleh Komandan Satkopaska Koarmada III Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari., M.Tr. Hanla, itu melibatkan 2 tim dan 1 Heli yang masing-masing tim membawa kurang lebih 7 orang prajurit, secara bersamaan turun ke darat dari helikopter dengan menggunakan 1 tali, yang mana ujungnya dikaitkan di badan Helikopter.

“Fast Rope yaitu menurunkan pasukan secara cepat dari udara ke titik yang tidak dapat dijangkau baik lewat darat atau laut. Bisa berupa sasaran di darat, kapal musuh atau Rig pengeboran minyak. Dalam latihan ini hanya menggunakan tali tanpa menggunakan pengaman apa-apa, dan hanya mengandalkan kekuatan tangan dan kaki, “ujarnya di sela-sela kegiatan.

Dia menjelaskan, tujuan dilaksanakan latihan ini adalah untuk mengasah kemampuan Prajurit Satuan komando pasukan katak koarmada III untuk mempersiapkan mereka dalam mendukung operasi Armada III

“Tujuan latihan tersebut untuk mengasah kembali kemampuan dan naluri tempur mereka,” Jelasnya.

Menurutnya, kemampuan prajurit Kopaska harus terus diasah, guna mendukung tugas Koarmada III di wilayah Papua. Dimana kondisi Geografi Papua menuntut kesiapan dukungan Pasukan Khusus Koarmada yang mampu di deploy baik dari pangkalan atau KRI ke berbagai wilayah yang sulit dijangkau secara cepat.

“Latihannya di lapangan terbuka dulu. Kedepannya akan diaplikasikan ke pengeboran-pengeboran minyak, bisa juga diatas gladak kapal, “Imbuhnya

Ditambahkannya, latihan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari latihan taktik tempur dengan sandi K-1 selama dua pekan yang dimulai tanggal 19 Oktober 2020 dengan berbagai materi, diantaranya renang laut jarak jauh, menembak pistol dan laras panjang, mountaineering,  dan sejumlah materi latihan lainnya.

Selama rangkaian kegiatan, Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., selalu memberikan penekanan tentang prosedur keselamatan latihan.