Kapolres Merauke, AKPB Ir. Untung. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum akan memberikan pekerjaan Home Industri kepada orang mabuk yang kini diamankan di Mapolres Merauke.

Home Industri ini sudah dilakukan olehnya di seluruh Indonesia bahkan ada yang tengah berhasil hingga ke luar negeri.

“Orang mabuk jangan dikasi titel yang buruk, jangan. Dia mungkin karena belum hidup mewah seperti kita. Kalau hidupnya baik pasti tidak mabuk,” ujar Ir. Untung, dalam silaturahmi bersama awak media Merauke di RM. Segeri, Selasa (27/10/2020).

Mengamankan orang mabuk lalu membebaskannya kembali adalah hal biasa yang dilakukan anggota Polri. Berbeda dengan yang dilakukan AKBP Untung, ada ide cemerlang berhasil digagasnya, yakni memberikan jaminan pekerjaan melalui Home Industri bagi pemabuk sebagai langkah pencegahan.

Di Merauke, lanjut AKBP Untung, ada banyak limbah yang dapat didaur ulang. Baik pembuatan tempat tinggal maupun kerajinan tangan bernilai guna. Salah satu contoh limbah yang sudah ditekuni oleh orang-orang binaanya adalah batok kelapa yang kemudian dibentuk menjadi kancing baju.

Untuk satu batok kelapa saja, pengrajin dapat menghasilkan uang sebesar Rp 550.000, belum dikalikan dalam jumlah banyak. Menariknya lagi, para pekerjanya adalah dari kalangan anak-anak cacat.

Bertugas di Merauke, AKBP Untung punya niat baik seperti yang sudah dilakukan di daerah lain pada masa tugas sebelumnya. Ke depan, ia berniat mengajak Pemerintah Daerah setempat untuk menggiring orang-orang bermasalah seperti pemabuk, anak jalanan, aibon dan penganggur menjadi orang-orang bisa kerja dan pintar.

“Upaya ini bertujuan merubah kepribadian seseorang dari yang kasar, jahat menjadi orang baik,” tuturnya lagi.

Minggu (25/10) kemarin, pria berwatak tegas dan bersahaja ini mendatangi pasar dan titik-titik yang sering berkumpul orang mabuk. Rencananya, akan meminta dukungan Pemkab untuk pengadaan CCTV supaya dapat ditempatkan di titik-titik rawan.

Beberapa tokoh agama sudah didatanginya untuk menjalin sinergitas dan kerja sama yang baik guna mendukung pelaksanaan tugas. Selanjutnya, akan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk menyampaikan pesan-pesan moral.

Kesempatan yang sama, dengan tegas, Kapolres menyampaikan bahwa Polres Merauke menjamin pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Merauke berjalan lancar, aman dan damai.

Pernah kejadian di tahun 2012, sebanyak 47 orang dibunuh di Aceh dalam suasana Pilkada. Ia sendiri berhasil menangkap dan mengungkap para pelaku dan mengosongkan pembunuhan di wilayah itu.

Terakhir, Ir Untung mengajak media supaya menyajikan tulisan yang baik tidak saling menyerang apa lagi menyebarkan berita hoax.

“Jadikan narasumber sebagai kaca/cermin bagi orang atas apa yang dianggap indah ke depan. Jangan lecehkan orang-orang yang bersalah, dipojokkan dengan tulisan nanti makin susah,” tutupnya.

Berita lain untuk anda