Jaringan listrik yang sudah terpasang di Desa Lelang, Pulau Sermata, Kabupaten Maluku Barat Daya, namun tidak ada mesin pembangkit listriknya. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Masyarakat Kecamatan Mdona Hyera yang tinggal di Kota Kecamatan Lelang, Pulau Sermata, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) berharap, adanya perhatian pemerintah, lantaran sudah bertahun-tahun jaringan listrik dipasang, namun tidak ada mesin pembangkit listriknya.

“Harapan kami hanyalah perhatian Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten MBD, DPRD Provinsi dan Kabupaten, DPR RI, PLN, dan Kementerian BUMN, agar segera memperhatikan keberadaan jaringan PLN yang telah bertahun tahun dibangun, tanpa mesin pembangkit listriknya,” kata Kepala Desa Lelang, Lot pay saat dihubungi Teropongnews.com, dari Ambon, Rabu (7/10/2020).

Menurutnya, akibat tidak berfungsi, menyebabkan tiang-tiang listrik sudah mulai berkarat akibat lokasi desa yang dekat dengan laut.

Dia juga minta semua pemangku kepentingan di pusat maupun di daerah bersinergi untuk menjawab persoalan ini.

“Masalah ini sudah disampaikan kepada Komisi C DPRD Kabupaten MBD yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, Wiliam Odies Kahjoru dalam pertemuan, saat Komisi C melakukan kunjungan kerja ke Desa Lelang,” kata dia.

Selain masalah kelistrikan, masyarakat Desa Lelang juga mempermasalahkan infrastruktur jalan, yang dibangun di daerah setempat.

Pasalnya, pekerjaan jalan lapen Lelang-Mahaleta, dianggap tidak berkualitas, lantaran baru dibangun satu tahun, jalan tersebut sudah mengalami kerusakan.

“Kami berharap, kontraktor memperhatikan kualitas pekerjaan jalan tersebut, karena baru dibangun setahun, sebagian jalan sudah mengalami kerusakan, akibat kurang memperhatikan kualitas pekerjaan, dan kurangnya pengawasan dari dinas teknis,” tegas dia.

Dia juga memohon memohon perhatian DPR-RI daerah pemilihan Maluku, untuk membantu merespon persoalan yang sementara mereka hadapi ini.

Berita lain untuk anda