Tiga Paslon di Merauke Tandatangani Ikrar Pemilu Damai dan Protokol Kesehatan

Penandatanganan ikrar pemilu damai 2020. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Merauke tahun 2020 di Kabupaten Merauke diselenggarakan di Taman Mandala, Sabtu (26/9/2020).

Sebelumnya ketiga Paslon, Hendrikus Mahuze-Edi Santosa (Hermes), Heribertus S. Silubun-Bambang S. Sudji (Hebat) dan Romanus Mbaraka-H. Riduwan (Romarin) bersama KPU, Bawaslu dan tim koalisi melakukan arak-arakan mengelilingi Kota Merauke dan finish di Taman Mandala.

Kepala Kesbangpol Merauke, Ramadayanto mewakili Pemda Merauke menyampaikan seluruh pendukung Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pemilu 2020 tetap menjaga persaudaraan dan tidak menimbulkan konflik, baik selama kampanye, dan setiap proses Pemilu.

“Semboyang izakod bekai izakod kai, satu hati satu tujuan tetap terpatri di dalam hati sanubari kita semua,” pinta Ramadayanto dalam sambutannya.

Kesempatan yang sama, Kapolres Merauke, AKBP. Ary Purwanto, SIK menyampaikan ajakannya agar rasa persaudaraan antara satu dengan yang lain tidak dirusak akibat konflik politik.

Ia menegaskan, memasuki masa kampanye dalam suasana Covid, mewajibkan semua orang tertib mematuhi protokol kesehatan.

“Mari kita sukseskan Pilkada di Merauke dengan kedamaian, menaati aturan yang sudah ditetapkan. Jangan sampai terjadi claster tambahan,” ucap Kapolres.

Untuk mewujudkan Pemilukada di Kabupaten Merauke berjalan damai dan bermartabat maka sangat diharapkan Paslon dan tim memanfaatkan waktu kampanye untuk mengadu ide dan gagasan guna meyakinkan pemilih.

“Menyampaikan visi dan missi serta program-program yang ditawarkan kepada masyarakat,” ujar Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze dalam sambutannya.

Kembali Theresia tekankan pelaksanaan kampanye wajib mengedepankan keselamatan masyarakat dari penyebaran Covid.

“Siapapun yang terpilih adalah pemimpin kita berasama. Komitmen siap kalah siap menang. Yang kalah tidak melakukan tindakan anarkis. Sebagai penyelenggara, kami berkomitmen mengawal dan melaksanakan semua tahapan sesuai ketentuan perundang-undangan dan memperlakukan semua pasangan secara adil. Kami minta dukungan semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan pesta demokrasi pemilihan Bupati dan wakil Bupati 9 Desember 2020,” pinta Theresia.

Kampanye damai diwarnai dengan ikrar Pemilu damai 2020 oleh tiga Bapaslon, dilanjutkan penandatanganan ikrar pemilu damai dan penandatanganan pernyataan siap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 oleh Paslon, KPU, Bawaslu dan Forkompimda Kabupaten Merauke.